Wanagreen: Kawanan Gajah Rusak Tanaman Masyarakat

Foto Ilustrasi (rakyatlampung.co.id)

Subulussalam – Kawanan gajah sumatra (Elephas maximus sumatranus), akhir akhir ini sering  berkeliaran di pemukiman penduduk, terakhir, Rabu (21/3/2012) kawanan satwa tersebut berada di Desa Jambo Dalem, Kecamatan Trumon Timur, Kabupaten Aceh Selatan, kawasan perbatasan antara Kabupaten Aceh Selatan dan Kota Subulussalam.

Informasi keberadaan gajah yang turun ke pemukiman di desa Jambo Dalam tersebut, diperoleh Wanagreen dari seorang warga yang bernama Aji Akbar (50),  menurut mantan Keuchik Desa Jambo Dalem ini, pada hari Rabu tersebut terdapat jejak kaki kawanan gajah di belakang rumahnya. Diperkirakan pada malamnya sejumlah kawanan gajah berada di desa tersebut.

Kepada Suparta, selaku Ketua LSM Wanagreen, Aji Akbar menyebutkan, gajah biasanya turun dan masuk kampung dalam tiga atau enam bulan sekali.

Atas kondisi tersebut, LSM Wanagreen berharap kepada pemerintah untuk serius memperhatikan terhadap situasi yang terjadi di daerah perbatasan kedua Kabupaten tersebut, karena keberadaan kawanan gajah itu seringkali melakukan pengrusakan terhadap tanaman masyarakat.

Selain meresahkan masyarakat, kawanan satwa dilindungi itu kerap merusak puluhan hektar lahan perkebunan sawit dan pala wija milik penduduk setempat. Gajah tidak hanya berkeliaran pada malam hari, akan tetapi satwa dilindungi itu juga sering kelihatan merusak tanaman warga pada siang hari, tulis Wanagreen dalam rilis yang dikirim ke AtjehLINK.

Menurut Wanagreen, dari informasi yang dikumpulkan pihaknya didaerah tersebut, masyarakat sudah berusaha mengusir kawanan gajah itu kembali ke gunung. Tapi binatang bertubuh raksasa itu tetap saja kembali ke pemukiman penduduk dan merusak tanaman milik warga.  (Sp)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s