Kisah Negeri Kelapa Sawit

SUBULUSSALAM – Menko Kesra ( Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat ) Agung Laksono terasa terkejut mendengar Pidato Gubernur Aceh Irwandi Yusuf ketika mendengar Pemko Subulussalam memiliki Pekembangan yang signifikan karena mampu memaksimalkan potensi daerah Subulussalam di bawah pimpinan Merah Sakti.

Betapa tidak, saat kunjugannya beberapa bulan April yang lalu Irwandi Yusuf meresmikan Pabrik Kelapa Sawit yang sangat besar di Subulussalam, dan kini pada saat kunjugan yang ikut mendampingi Menko Kesra Agung Laksono juga meresmikan PT. Samudra Sawit Nabati.

 

Kata Selamat pun di ucapkan Gubernur kala itu, tetapi cerita diatas adalah nampak dari luar yang sangat bagus dan di bungkus dengan rapi, namun ada hal-hal yang belum di ketahui masyarakat ramai sebetulnya.

Adalah PT MITRA yang areal nya di Kecamatan Sultan Daulat hingga saat ini juga belum tuntas permasalahan yang sangat riskan kita dengar, tanah yang di serobot pihak perusahaan, Kampung Bunga Tanjung, Sepadan, adalah merupakan Kampong yang masih diangap “bersengketa” dengan warga.

Ada warga yang telah diambil lahan nya oleh perusahaan, dan masih banyak persoalan-persoalan lainnya. Kenapa pemerintah tidak segera mengambil tindakan dan memberi solusi.

 

Solusi, ya solusi misalnya membuat kebun sawit plasma untuk warga sekitar. Kebun plasma 20 % dari jumlah total izin Hak Guna Usaha (HGU) Mitra.

Penggarapan lahan Sawit untuk kebun plasma yang pembagiannya diatur, 20 persen untuk petani plasma dan 80 persen untuk perusahaan. Sementara hasil panen, petani plasma sepakat 30 persen diberikan kepada Perusahaan.. Semoga Saja (parta)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s