LSM Wanagreen: Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit Wajib Terapkan CSR

SUBULUSSALAM : Tidak ada alasan perusahaan yang bergerak di bidang kelapa sawit dan pertambangan di Negeri Sada Kata tidak menerapkan Corporate Social Responsibility (CSR/pertanggungjawaban sosial perusahaan).

Program CSR dilaksanakan langsung perusahaan sesuai dengan undang-undang (UU). Maka dari itu tidak ada alasan perusahaan untuk tidak melakukan penerapan CSR tersebut terhadap masyarakat di wilayah Pemko Subulussalam.

CSR dapat dilaksanakan dalam bentuk program yang menyentuh kepentingan terhadap kesulitan warga yang di wilayah operasional setiap perusahaan. Contohnya melalui kegiatan sosial atau memberikan sumbangan dalam bentuk pelatihan terhadap masyarakat, untuk pembangunan sarana ibadah serta sarana pendidikan.

Terkait dengan perekrutan karyawan atau buruh, hendaknya lebih mengutamakan masyarakat setempat. Ini merupakan bagian CSR serta berguna mensejahterakan masyarakat setempat, menjadi hak warga terhadap penerapan CSR oleh perusahaan. Jika perusahaan tidak melaksanakan kewajiban tersebut maka warga dapat mengklaim langsung ke Walikota Subulussalam.

Jika sudah ada klaim dari masyarakat, ternyata perusahaan tersebut masih juga tidak melaksanakan. Maka Walikota Subulussalam dapat melakukan pencabutan izin perusahaan tersebut.

Jika ada perusahaan yang belum menerapkan CSR selama ini, sewaktu-waktu akan dicek perusahaan tersebut. Kalau perlu tinjau izinnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s