Terbentuk, Perwakilan Kantor BPN Subulussalam

SUBULUSSALAM – Masyarakat Kota Subulussalam yang selama ini mengeluhkan karena sulitnya proses pengurusan sertifikat tanah akibat jauhnya jalan yang ditempuh ke kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Singkil. Tapi, kini masyarakat lega setelah Pemko Subulussalam telah membentuk Kantor Perwakilan BPN di Subulussalam.

Menurut keterangan Walikota Subulussalam, Merah Sakti SH kepada wartawan, Selasa (23/2) kemarin mengatakan, selama ini ia mengaku prihatin terhadap persoalan yang selama ini dirasakan masyarakatnya menyangkut proses pengurusan sertifikat tanah. Mengingat jarak antara Kota Subulussalam-Kabupaten Aceh Singkil yang mencapai 110 kilometer atau dua jam perjalanan dengan kendaraan.Sehingga, tak jarang masyarakat yang telah bersusah payah ke Singkil tapi tidak dapat mengurus sertifikat lantaran tidak bertemua dengan pegawai BPN. “Kondisi ini benar-benar menyulitkan masyarakat terutama yang kurang mampu, apalagi kalau mengurus melalui notaris lebih berat lagi,” ujar Sakti

Lantaran itu, Sakti mengatakan telah merespon keinginan masyarakat agar kantor perwakilan BPN ada di Subulussalam menyusul keluarnya peraturan BPN pusat nomor 22 tahun 2009 tentang pembentukan perwakilan kantor BPN Kota Subulussalam, 14 Agustus 2009 tahun lalu. Saat ini, lanjut Sakti, masih menunggu SK penetapan personel BPN saja.

Secara terpisah, sejumlah masyarakat mengapresiasi upaya pemerintah untuk membentuk perwakilan kantor BPN di Subulussalam. Sebab, menurut masyarakat selama ini untuk mendatangkan tukang ukur dari BPN Singkil saja harus menunggu hingga berbulan-bulan. Belum lagi biaya pengurusan sertifikat baru yang dikabarkan sangat mahal bahkan yaitu mencapai Rp 3 jutaan. “Itu kalau dari akta jual beli, kalau sempat dari SKT berarti berapa pula biayannya,” keluh Ali seorang warga. ( Serambi Indonesia)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s