Walikota Subulussalam Dilantik 5 Maret

SUBULUSSALAM – Pasangan Walikota dan Wakil Walikota Subulussalam, Merah Sakti-Affan Alfian Bintang akan dilantik Gubernur Aceh Irwandi Yusuf atas nama Mendagri pada 5 Maret 2009. Kepastian itu diperoleh menyusul surat kawat Gubernur Aceh Nomor 131/12154 tertanggal 26 Februari 2009 tentang jadwal pelantikan walikota/wakil walikota terpilih. Dalam surat yang ditandatangani Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf itu disebutkan bahwa Walikota dan Wakil Walikota Subulussalam terpilih periode 2009-2014 akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Gubernur Aceh pada 5 Maret mendatang di Gedung DPRK setempat dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRK dan di hadapan Ketua Mahkamah Syariyah setempat. Seiring dengan itu juga akan dilantik pula Ketua PKK dan Dekranas Kota Subulussalam oleh Ketua PKK dan Dekranas Aceh, Darwati A Gani. Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa protokol Gubernur Aceh akan hadir dalam geladi bersih yang dilaksanakan pada Rabu (4/3), sekira pukul 16.30 WIB di gedung DPRK setempat.

Menyusul surat Gubernur Aceh tersebut, jajaran Pemerintah Kota (Pemko) Subulussalam langsung menggelar rapat pemantapan kepanitiaan di aula setdako. Rapat tersebut dipimpin Asisten I Setdako Taufiq Hidayat, membahas persiapan prapelantikan.

Sebagaimana sering diekspose, pasangan Merah Sakti/Affan Alfian Bintang terpilih sebagai Walikota dan Wakil Walikota Subulussalam lima tahun mendatang setelah memenangi pilkadasung pada 15 November 2008.

Kemenangan pasangan tersebut sempat digugat oleh pasangan Asmauddin-Salmaza (Assalam) yang menjadi rivalnya hingga ke Mahkamah Konstitusi (MK) di Jakarta. Namun, gugatan Assalam kandas setelah MK menolak segala keberatan yang diajukan penggugat dan mengesahkan SK Komisi Independen Pemilihan (KIP) Subulussalam yang menetapkan pasangan Merah Sakti-Affan Alfian sebagai pemenang pilkada.

Dengan demikian, Merah Sakti dan Affan Alfian menjadi pasangan pertama pilihan rakyat yang memimpin kota yang baru mekar dari induknya, Kabupaten Aceh Singkil itu. (kh)

Sumber : Serambinews.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s