Sidang Pilkada Subulussalam Digelar 5 Januari

JAKARTA – Mahkamah Konstitusi (MK) menjadwalkan sidang perdana sengketa Pilkada Kota Subulussalam pada Senin (5/1) pekan depan. Sidang dengan agenda pemeriksaan perkara tersebut menurut rencana akan dilaksanakan di Ruang Sidang MK, Jalan Medan Merdeka Barat No 6, Jakarta.
Surat panggilan bernomor 589.65/MK/XII/2008 itu sudah diterima pasangan Asmauddin/Salmaza (Assalam) pada 30 Desember lalu. Pihak lain yang dipanggil adalah KIP Subulussalam dan pasangan Merah Sakti-Affan Alfian. Kami sudah menyiapkan bukti-bukti penting dan siap menghadapi sidang ini, ujar Asmauddin menjawab Serambi di Jakarta, Jumat (2/1). Pasangan Assalam telah menunjuk Jurnal SH dkk sebagai kuasa hukum.Kami memutuskan menggugat SK KIP Subulussalam ke MK karena protes dan keberatan yang kami sampaikan terkait berbagai tindak kecurangan dalam Pilkada tak ditanggapi. Karena itu kami menempuh jalur hukum sesuai yang diatur perundang-undangan, timpal Asmauddin.

Secara terpisah, Ketua Forum Bersama (Forbes) Anggota DPR/DPD RI asal Aceh, Ahmad Farhan Hamid, meminta semua pihak menghormati proses hukum gugatan sengketa Pilkada Subulussalam itu. Gugatan seperti ini bukan sesuatu yang baru. Karena itu, semua pihak diminta menghormati apapun keputusan MK,” kata Farhan seraya menyatakan proses itu sama sekali tak mengganggu penyelenggaraan pemerintahan di daerah.

Seperti diberitakan sebelumnya, pasangan Assalam, mendaftarkan gugatan terhadap SK KIP Subulussalam Nomor 35 Tahun 2008 Tanggal 23 Desember 2008 tentang Penetapan Pasangan Walikota/Wakil Walikota Terpilih pada Pilkada Subulussalam. Gugatan itu sudah diterima MK dengan No 609/PAN.MK/XII/2008, tertanggal 24 Desember 2008.

Putaran kedua Pilkada Subulussalam, 15 Desember lalu diikuti dua pasangan yaitu Merah Sakti/Affan Alfian dan Asmauddin/Salmaza. KIP Subulussalam menetapkan pemenang Pilkada Subulussalam adalah pasangan Merah Sakti dan Affan Alfian yang memperoleh 14.922 suara. sementara Asmauddin-Salmaza meraih 14.729. Karena menurut pasangan Asmauddin/Salmaza ada sejumlah kecurangan, sehingga mereka menggugat SK KIP setempat.

Sumber : Serambinews.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s