KIP Subulussalam Tetapkan Walikota Terpilih

Sabit

SUBULUSSALAM – Di tengah upaya pasangan Asmauddin-Salmaza (Assalam) untuk mengajukan gugatan terhadap proses Pilkada Subulussalam putaran dua, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Subulussalam, menetapkan pasangan Merah Sakti Kombih-Affan Alfian Bintang (Sabit) sebagai calon Walikota/Wakil Walikota Subulussalam terpilih. Penetapan itu dituangkan dalam surat Keputusan bernomor : 35 Tahun 2008 tanggal 23 Desember 2008.
Surat penetapan pasangan calon terpilih juga disampaikan kepada DPRK setempat untuk diproses pengesahan dan pengangkatannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan, kata Ketua Pokja Pencalonan KIP Subulussalam, Sumardi kepada Serambi, Rabu (24/12).

Menurutnya, mereka telah melakukan rapat pleno tertutup untuk memutuskan Walikota dan Wakil Walikota Subulussalam periode 2008-2013 yang terpilih pada pilkada lalu. Sekarang kami sedang di DPRK menyampaikan hasil penetapan untuk proses selanjutnya, kata Sumardi via telepon selulernya.

>Seperti diberitakan, hasil pleno KIP berdasarkan pemungutan suara pada hari Senin (15/12) lalu, pasangan calon walikota/wakil walikota nomor urut 1 (satu) Merah Sakti-Affan Alfian Bintang (Sabit) memperoleh suara terbanyak dengan jumlah suara 14.922, sedangkan pasangan Asmauddin-Salmaza (Assalam) sebanyak 14.729 atau selisih 193 suara.

Tipisnya perbedaan perolehan suara ini, membuat pasangan Assalam melaporkan sejumlah temuan dugaan penyimpangan ke Mahkamah Konstitusi (MK), Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan instansi terkait lainnya.

Banyak penyimpangan yang kami temukan pada pemilihan putaran kedua. Temuan ini sudah kami sampaikan kepada KIP dan Panwaslu Subulussalam, tapi tak ada respon. Karena itu kami berinisiatif melaporkan langsung ke Jakarta, ujar Asmauddin didampingi Salmaza kepada wartawan di Jakarta, Selasa (23/12) lalu.

Sementara itu, sejumlah kalangan masyarakat Subulussalam mendesak Mendagri agar segera mengeluarkan surat pengangkatan walikota defenitif Kota Subulussalam. Wilda Sastra, salah seorang aktivis mahasiswa Subulussalam menegaskan, terpilihnya pasangan Sabit merupakan keinginan rakyat yang patut dihormati. Karena itu, Wilda berharap pemerintah tidak akan mengintervensi proses pilkada di sana.

Menurutnya, segelintir orang yang berharap dengan kejadian perolehan suara berhimpitan ini akan diikuti dengan Pilkada ulang, dinilai sangat keliru. Menyangkut isu adanya dugaan pelanggaran, kata Wilda, merupakan tugas dan tanggung jawab lembaga terkait dalam hal ini panitia pengawas (panwaslu).

Pun demikian untuk para politisi, diharapkan dapat membantu lebih mengkondusifkan Subulussalam. Karena, ketika kondisi Subulussalam tidak menentu maka rakyatlah yang dirugikan. Dikatakan, tak ada masyarakat yang ingin hidup dalam kericuhan, karena pastinya masyarakat lebih senang dan damai jika hidup di daerah yang aman dan tentram.

Secara terpisah, Sakti yang ditemui Serambi mengatakan, pihaknya akan merangkul dan rekonsiliasi dengan berbagai tokoh terutama pasangan calon walikota yang ikut dalam pilkada, putaran pertama dan kedua. Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kota Subulussalam yang telah memberikan amanah dan kepercayaan untuk memimpin Kota Subulussalam lima tahun ke depan, ujar Sakti

Menurut dia, pihak-pihak yang berseberangan selama ini dalam proses demokrasi dianggapnya wajar. Kita boleh saja berbeda pendapat, apalagi dalam alam demokrasi. Namun, ke depan mari kita membangun Kota Subulussalam secara bersama-sama, katanya.

Tentang langkah yang dilakukan setelah dilantik menjadi Walikota, Sakti mengemukakan, ia bersama Bintang akan berpegang kepada aspek profesional dan proporsional. Berbagai program dan harapan yang disampaikan masyarakat selama ini, maupun yang telah menjadi visi dan misinya pada saat kampanye diharapkan bisa direalisasikan dengan baik. Sudah menjadi tekad bersama untuk menyejahterakan masyarakat dari berbagai aspek kehidupan, ujar Sakti.(kh)

Sumber : Serambinews.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s