Hasil Pilkada Subulussalam di Rekap

KIP Kota Subulussalam menggelar pleno rekapitulasi dan hasil penetapan perolehan suara pemilihan walikota/wakil walikota di daerah tersebut, Kamis (18/12) di gedung DPRK, Jalan Pertemuan, Subulussalam.

Hasil rekapitulasi perhitungan suara Pilkada tersebut, pasangan calon walikota/wakil walikota nomor urut 1 (satu) Merah Sakti Affan-Alfian Bintang (Sabit) memperoleh suara terbanyak dengan jumlah suara 14.922, sedangkan pasangan Asmauddin-Salmaza (Assalam) sebanyak 14.729 atau selisih 193 suara.Rekapitulasi resmi yang akan dilakukan KIP ini sekaligus telah menghapus keragu-raguan masyarakat tentang siapa yang akan menjadi orang nomor satu di Kota Subulussalam selama lima tahun ke depan. Rekapitulasi ini dilakukan setelah KIP setempat menerima secara keseluruhan hasil rekap suara dari PPK di lima kecamatan.

Ketua KIP Kota Subulussalam M Husein Saraan, yang didamping empat anggota masing-masing Sumardi, Sarqawi Nur, Irwanto Harahap, dan Nurmaria, mengatakan pleno rekapitulasi hasil pemungutan suara pilkada Senin (15/12) lalu, sesuai dengan peraturan perundang-undangan tetap akan sah. Karena itu, jika ada calon yang merasa keberatan, maka mereka bisa tempuh jalur hukum, katanya pada saat rapat pleno rekapitulasi suara, Kamis (18/12).

KIP setempat menyarankan bagi calon yang berkeberatan atas hasil penetapannya dapat mengajukan keberatan atau gugatan hukum. Rekapitulasi hasil suara pilwako itu mencakup perolehan suara dua pasangan calon dari 37.555 pemilih tetap terdaftar yang menggunakan hak pilihnya di 140 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Sesuai jadwal, proses pelantikan walikota/wakil wlaikota dilaksanakan pada pertengahan Januari 2009 mendatang.

Acara itu turut dihadiri Muspida Subulussalam antara lain Pj Walikota Martin Desky, Kapolres Aceh Singkil AKBP Arief Pujianto, Dandim 0109 Letkol Czi Dadang Rukmana, Ketua DPRK Ansari Idrus Sambo, MPU Abdurrazak Naufal dan ketua Panwaslu Safran Kombih.

Sementara itu pasangan Assalam, tidak menerima keputusan dari KIP Subulussalam. Menurut Asmauddin calon Walikota yang didampingi Salmaza, pihaknya akan melaporkan Mahkamah Agung (MA) dan Mahkamah Konstitusi (MK) bahwa pasangan Sabit telah melakukan beberapa kecurangan kecurangan dalam pilkada Subulussalam lalu. Selain itu, saksi Assalam yang hadir pada pleno itu juga menolak menandatangani berita acara rekapitulasi perhitungan suara tersebut.(/kh)

Sumber : Serambinews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s