Pasangan Sabit Unggul Tipis di Subulussalam

SUBULUSSALAM – Pasangan Merah Sakti Kombih-Affan Alfian Bintang (Sabit), dilaporkan unggul tipis atas pasangan Asmauddin-Salmaza (Assalam), dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) putaran dua Kota Subulussalam yang berlangsung Senin (15/12) kemarin.

Berdasarkan data hasil perhitungan sementara yang diperoleh Serambi dari Deks Pilkada Kantor Walikota yang ditandatangani Sekdakot Drs H Anharuddin SE MM, pasangan Sabit berhasil mengumpulkan 14.903 suara atau 50,49 persen. Sedangkan pasangan Assalam yang sebelumnya sempat dijagokan, terpaut tipis di bawahnya dengan memperoleh 14.616 suara (49,51 persen).Dilaporkan, secara rinci perolehan suara yang berhasil dikumpulkan pasangan Sabit di Kecamatan Simpang kiri 6.026 suara, Penanggalan 2103 suara, Rundeng 2.577 suara, Longkib 1.061 suara, dan Sultan Daulat 3.136 suara. Sedangkan pasangan Assalam meraup suara di Kecamatan Simpang kiri 5.734 suara, Penanggalan 2665 suara, Rundeng 2.431 suara, Longkib 1130 suara, dan Sultan Daulat 2.772 suara.

Sementara suara rusak tercatat sebanyak 622 suara dan absatain 7.165 pemilih. Dari data itu, selisih perolehan suara hanya sebanyak 287 atau 1,39 persen. Sementara dari 37.555 pemilih yang terdaftar di Komisi Independen Pemilihan (KIP) setempat hanya 29,519 yang mencoblos atau ada sekira 11,08 persen yang tidak memilih.

Berdasarkan hasil perhitungan cepat yang diselenggarakan Media Center Pam Pilkada Polres Aceh Singkil, juga menunjukkan pasangan Sabit menang tipis dari pasangan Assalam. Yakni, pasangan Sabit memperoleh 14.920 suara (50,32 persen), sementara pasangan Assalam mendapatkan 14.729 suara (49,68 persen), dengan selisih 191 suara di bawah pasangan Sabit.

Hasil tersebut merupakan perhitungan versi lembaga Desk Pilkada dan Media Center Polres Aceh Singkil, sedangkan hasil perolehan yang sah akan ditentukan KIP setempat selaku lembaga resmi penyelenggara. Data perolehan suara masing-masing pasangan calon termasuk siapa yang unggul dan akan menjadi Walikota/Wakil Walikota Subulussalam, nanti akan diumumkan oleh KIP, kata Kapolres Aceh Singkil AKBP Arief Pujianto.

Kapolres Arief mengingatkan segenap personilnya agar tidak lengah sedikitpun. Arief juga menghimbau kepada semua pihak untuk saling menahan diri dan tidak melakukan provokasi apa pun kepada masyarakat. Kepada kubu yang memperoleh suara terbanyak dihimbau untuk tidak melakukan pawai atau konvoi-konvoi kemenangan. Sekarang ini, kita juga melakukan pengamanan di rumah masing-masing calon sampai adanya pengumuman resmi dari KIP, katanya.

Sumber : Serambinews.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s