Irwandi dan Arnold Teken MoU Degradasi Lahan

irwandi-arnold

Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dan Gubernur California Arnold Schwarzenegger, menandatangani MoU pengurangan emisi gas rumah kaca dan degradasi lahan (Reducing Emission from Deforestation and Land Degradation-REDD MoU) di Beverly Hilton Hotel, Beverly Hills, Los Angeles, California, Selasa (18/11) waktu setempat. (Tim AGTP Komunikasi)

Los Angeles | Harian Aceh—Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dan Gubernur California Arnold Schwarzenegger menandatangani nota kesepahaman (MoU) pengurangan emisi gas rumah kaca dan degradasi lahan (reducing emission from deforestation and land degradation/REDD MoU) di Los Angeles, Amerika Serikat, Selasa (18/11). Di kesempatan itu, Presiden Amerika Serikat terpilih, Barack Obama turut memberikan sambutan melalui video conference.

Selain itu, Gubernur Irwandi Yusuf bersama tiga gubernur negara bagian di Amerika (Illinois, Wisconsin dan California) dan tiga gubernur dari Brazil (Amazonas, Para, dan Mato Grosso), serta perwakilan dari Gubernur Papua, juga menandatangani MoU pengurangan emisi gas rumah kaca sebagai akibat dari deforestasi atau penggundulan hutan.

Koordinator Tim Asistensi Pemerintah Aceh, Teuku Rafli Pasha didampingi tim komunikasi, Alfian Kandang, menyatakan penandatanganan bersejarah itu dilakukan pada akhir pertemuan hari pertama Governors’ Global Climate Summit yang dihadiri para pelaku bisnis dan kepala pemerintahan setingkat provinsi dari seluruh dunia.

“Penandatanganan itu merupakan MoU pertama antar pemerintah daerah setingkat provinsi dengan memfokuskan pada pengurangan emisi dari deforestasi dan degradasi lahan (REDD), serta mencakup pertukaran informasi, peluang kerjasama di bidang bisnis dan ilmu pengetahuan yang bermuara pada menguatnya prospek kerjasama antara Amerika Serikat, Brazil dan Aceh,” sebut mantan suami Tamara Bleszynski itu melalui surat elektronik.

Dalam MoU itu, lanjutnya, sembilan pemerintahan setingkat provinsi akan bekerjasama memperlambat dan menghentikan deforestasi serta degradasi lahan atau penebangan ilegal melalui proyek bersama dan program insentif.

Gubernur Aceh Irwandi Yusuf diundang secara pribadi Gubernur California Arnold Schwarzenegger karena mengagumi usaha-usaha inovatif dan jangka panjang program Aceh Green. “Menurut Arnold, pelaksanaan program Aceh Green secara komprehensif nantinya akan membuka peluang bagi Aceh dalam memainkan peranan di dunia internasional dalam rangka mengurangi emisi gas rumah kaca,” kata Rafli.

Mengingat kekayaan dan kepadatan hutan hujan yang ada di Aceh, maka peranan Aceh dalam mengurangi emisi sangat besar. “Aceh juga dapat memanfaatkan kekayaan alam yang dimilikinya sebagai daya tarik investasi serta memantapkan implementasi mekanisme perdagangan karbon yang sudah berlangsung di Aceh,” ungkap Rafli seperti disampaikan Arnold.

Penandatanganan MoU itu sendiri, lanjut ayah dari Rasya ini, akan membuka jalan bagi Aceh untuk melakukan berbagai pendekatan yang potensial di bidang ekonomi dan lingkungan. “Para pihak yang menandatangani kesepakatan tersebut telah berkomitmen membuat sebuah rancangan kerjasama yang akan mulai didiskusikan secara intensif di awal 2009. Hasil diskusi itu nantinya akan disampaikan dalam United Nation Framework Cooepration on Climate Change Conference di Copenhagen, Denmark,” jelasnya.

Selain bertemu dengan Gubernur California Arnold Schwarzenegger, selama di Amerika delegasi Aceh juga mengadakan pertemuan dengan sejumlah pakar bisnis, pemerintah, dan LSM yang aktif di bidang penyelamatan lingkungan. “Pertemuan-pertemuan tersebut guna membuka peluang-peluang baru di bidang bisnis dan ilmu pengetahuan bagi Aceh, melalui mekanisme pembuatan kebijakan bersama serta kerjasama baru dalam bentuk proyek-proyek bersama,” sebut Rafli.

Pada hari yang sama Gubernur Irwandi Yusuf juga diundang Gubernur Negara Bagian State of Wisconsin, Jim Doyle, untuk mengadakan pertemuan bilateral dalam membicarakan masalah-masalah kehutanan dan prospek kerjasama di berbagai bidang.

Dalam pertemuan tersebut, kedua gubernur menyampaikan ketertarikannya untuk menjalin kerjasama yang lebih erat dalam bidang investasi dan inisiatif untuk pertukaran informasi. “Gubernur Wisconsin Jim Doyle sangat terkesan dengan upaya yang ditempuh Gubernur Irwandi Yusuf dalam mengimplementasikan proyek Aceh Green serta kisah hidup pribadinya. Doyle berkomitmen melanjutkan hasil pembicaraan itu secara nyata dan lebih erat,” tandas Rafli.(ril)

Sumber: Harian Aceh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s