Petani harapkan harga sawit terus naik

SUBULUSSALAM – Petani berharap harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit terus naik hingga kembali ke posisi semula. Dalam sepekan ini harga TBS terus menaik dan disambut gembira petani.

Seorang petani sawit di Kec. Penanggalan, Darmin, mengaku sempat putus ada melihat harga TBS yang sebelumnya sempat anjlok menjadi Rp300/kg. Dia berharap hal itu tidak terjadi lagi. Disebutkannya, seminggu ini harga TBS sudah mulai naik. Di tingkat petani buah kelapa sawit kini dihargai Rp380/kg dan Rp 480/kg di pabrik .

Hal serupa diakui Nurahmad. Petani lain menyebutkan, tingkat penjualan sawit yang hingga mencapai harga terendah Rp300/kg amat meresahkan. Disusul harga pupuk yang melonjak tinggi.

Menyoal fenomena itu, Ir. Netap Ginting, Ketua DPD Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Aceh Singkil, Rabu (12/11), berharap, pemerintah terus melakukan upaya untuk membantu petani kelapa sawit. Dia yang dihubungi via telefon selular usai mengikuti Musyawarah Nasional (Munas) II Apkasindo di Yogjakarta mengatakan, petani di Subulussalam, kini menggantungkan pendapatannya dari kelapa sawit. Pengalihan usaha itu karena adanya illegal logging.

Netap Ginting, juga memuji langkah pemerintah menghapuskan pajak ekspor (PE) yang semula mencapai 20 persen. Dengan pajak ekspor CPO menjadi nol persen akan membuat para eksportir lebih bersemangat. Manfaatnya kepada petani sawit akan kembali mendongkrak harga di tingkat petani.
(wir/b33)

Sumber : Waspada


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s