Hasil Pilkada Subulussalam Ditetapkan

SUBULUSSALAM – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Subulussalam menetapkan bahwa pemilihan calon walikota dan calon wakil walikota di kota itu berlangsung dua putaran. Hal itu diputuskan dalam Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pilkada Kota Subulussalam di Gedung DPRK Jalan Pertemuan, belum lama ini. Berdasarkan surat keputusan bernomor 28 Tahun 2008 itu, hasil rekapitulasi penghitungan suara Pilkada Subulussalam adalah: pasangan Asmauddin-Salmaza (Assalam) memperoleh suara terbanyak (27,38 persen), disusul pasangan Merah Sakti Kombih-Affan Alfian Bintang (Sabit), yakni 22,78%. Kedua pasangan inilah yang akan maju pada putaran kedua Desember mendatang

Berikutnya adalah pasangan Mahdani Bako-Tarmini Pinem, pasangan Rahmi Syukur-Mus Muliadi Jabat, pasangan Muslim Ayub-Usni Basyaruddin, pasangan Rusdi Hasan-Ismail K, dan pasangan Mahadi Bancin-Hasan Basri.

Karena ketujuh pasangan yang berlaga kemarin tak ada yang memenuhi 30 persen lebih dari total suara sah, sesuai UU Nomor 12 Tahun 2008, maka KIP menetapkan pilkada putaran kedua, diikuti dua pasang calon, yaitu Assalam dan Sabit.

Ketua Pokja Pendaftaran KIP Subulussalam, Sumardi kepada Serambi, Senin (27/10) mengatakan pilkada putaran kedua akan dilaksanakan pada 20 Desember 2008.

Sumardi juga menyebutkan bahwa pihak KIP saat ini akan melakukan penyempurnaan dan pemutakhiran daftar pemilih. Jadi, daftar pemilih lalu akan kita anggap daftar pemilih sementara dan didata kembali, kata Sumardi.

Dalam pilkada putaran kedua ini, KIP menaksir biaya yang dibutuhkan mencapai Rp 1,8 miliar. Sebab, proses pelaksanaan yang harus dilakukan KIP tak jauh beda dengan pilkada putaran pertama.

Kedua peserta pilkada putaran kedua akan melaksanakan penajaman visi dan misi pada tanggal 14-16 Desember 2008, sedangkan masa tenang terhitung sejak 17 hingga 19 Desember 2008. (kh)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s