Malaysia Segera Usir 25.000 Warga

BANDA ACEH – Kabar gembira yang pernah disampaikan Wakil Perdana Menteri Malaysia, Dato Sri Najib Tun Razak kepada Gubernur Irwandi Yusuf bahwa negara itu akan memperpanjang izin tinggal sekitar 24.000 warga Aceh di negaranya hingga 2010, tampaknya harus disimpan dulu. Informasi terbaru yang dilansir berbagai media menyebutkan, Pemerintah Malaysia memerintahkan lebih 25.000 pengungsi tsunami Aceh untuk siap-siap angkat kaki dari negeri semenanjung tersebut.

Direktur Pelaksana Departemen Imigrasi Malaysia seperti dilansir International Herald Tribune dan dikutip situs detiknews yang juga disirkan Utusan Online edisi Senin (25/8) menyebutkan, para pengungsi Aceh itu diberikan waktu hingga Januari 2009. Selanjutnya otoritas Malaysia akan mendeportasi setiap pengungsi Aceh yang tetap tinggal secara ilegal di Malaysia setelah lewat 5 Januari 2009.

Seperti diketahui, sekitar 40.000 orang dari Aceh pergi ke Malaysia menyusul bencana tsunami akhir 2004. Kami mengizinkan mereka bekerja di sini (karena alasan kemanusiaan) karena kami membantu mereka untuk mencari uang buat keluarga mereka guna membangun kembali rumah mereka, kata Ishak.

Ribuan warga Aceh telah kembali ke Indonesia sejak 2005. Namun menurut pejabat-pejabat Malaysia, masih ada 25.593 orang di sana. Kebanyakan mereka bekerja di tempat-tempat konstruksi, perkebunan, pabrik, dan restoran.

Pemerintah Malaysia telah berupaya mengurangi ketergantungan negara itu pada pekerja asing. Sebab ada kekhawatiran para tenaga kerja asing itu melakukan aksi kejahatan dan menimbulkan pengangguran di kalangan warga Malaysia.

Awal bulan ini, otoritas Malaysia melancarkan operasi pengusiran lebih dari 130.000 orang yang sebagian besar adalah imigran ilegal asal Indonesia dan Filipina.

Pejabat di Kedutaan RI di Kuala Lumpur, Eka Suripto mengatakan, pihak imigrasi Malaysia baru-baru ini memang memberitahu para diplomat mengenai rencana untuk memulangkan warga Aceh. Namun dia mengaku tak tahu detailnya.

Sementara itu seorang sumber Serambi di luar negeri, Asnawi Ali mengatakan, ia sudah berusaha mencari tahu kebenaran berita tentang rencana pengusiran warga Aceh di Malaysia dari Norliza Abd Rahman, yang menurunkan laporan tentang itu di Utusan Online.

Saya sudah menghubunginya via telepon dan e-mail dan ia (Norliza) berjanji akan meminta konfirmasi ulang kepada Menteri Luar Negeri Malaysia, Datuk Seri Rais Yatim, apakah benar warga Aceh di Malaysia ada yang diberikan perpanjangan kad IMM 13 (kartu tsunami) hingga 2010, tulis Asnawi dalam laporannya ke Serambi, Selasa (26/8) malam.

Asnawi juga mengutip penjelasan Norliza bahwa pernyataan Timbalan (Wakil) Perdana Menteri Malaysia Najib Tun Razak sebelumnya, tidak boleh dijadikan jaminan 100 persen bahwa Kerajaan Malaysia akan terus-terusan memberikan keistimewaan kepada rakyat Aceh.

Tambahnya pula, benar Kad IMM 13 itu boleh dilanjutkan temponya hingga 2010 tetapi kerajaan juga berhak menamatkannya pada bila-bila masa berdasarkan alasan yang cukup kukuh.

Sumber-sumber yang dikutip Asnawi juga menyebutkan, Kerajaan Malaysia bukan menghalang terus masuknya warga Aceh ke Malaysia tetapi sekarang meminta mereka pulang dan membuat permohonan baru untuk kembali bekerja di Malaysia.

Sebelumnya, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf mengatakan, setelah melalui serangkaian lobi, Pemerintah Kerajaan Malaysia akhirnya memperpanjang izin tinggal sekitar 24.000 warga asal Aceh hingga 2010.

Hal itu disampaikan Wakil Perdana Menteri Malaysia, Dato Sri Najib Tun Razak dalam pertemuan dengan Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, di kompleks kantor Perdana Menteri Malaysia, Putrajaya, Kamis 24 Juli 2008.

Pertemuan berlangsung dari pukul 12.00 hingga pukul 13.00 Waktu Malaysia. Hasil terpenting adalah, Alhamdulillah izin tinggal 24.000 orang Aceh di Malaysia diperpanjang selama dua tahun atau sampai 2010 mendatang,kata Gubernur Irwandi Yusuf melalui saluran telepon kepada Serambi, Kamis (24/7) lalu.(dtc/utusan/nas)

Sumber : Serambi Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s