Suksesi di Subulussalam

Suksesi di Subulussalam

Seorang Balon Mendadak Sakit Jelang Baca Quran

SUBULUSSALAM – Gatot Tistiono, bakal calon (balon) wakil walikota Subulussalam yang berpasangan dengan Mahadi Bancin mendadak sakit sesaat menjelang tes kemampuan baca Quran dilaksanakan di Masjid Asilmi Kota Subulussalam, Kamis (28/7) kemarin. Tes itu sendiri merupakan persyaratan bagi setiap kandidat walikota maupun wakil walikota di Aceh, sebagaimana aturan Qanun Pilkada

Menurut kabar yang beredar, tekanan darah Gatot Tistiono yang merupakan kapten purnawirawan itu mendadak naik hingga 180/100 (dari tensi normal tekanan darah manusia 120/80). Alhasil, Gatot yang seharusnya diuji kemampuannya membaca Quran pada urutan ke-18, terpaksa ditunda.

Ketua Pokja Pencalonan dan Pemilihan pada Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Subulussalam, Sumardi, yang dikonfirmasi Serambi membenarkan bahwa kondisi kesehatan Gatot menurun mendadak kemarin, sehingga tidak dapat mengikuti tes baca Quran seperti balon lainnya. Bahwa ia mendapat gangguan kesehatan yang sifatnya mendadak itu diperkuat pula dengan surat keterangan dokter yang menangani Gatot.

Atas dasar kenyataan itu, KIP Subulussalam memberikan toleransi waktu kepada Gatot untuk mengulang uji kemampuan baca Quran hingga 2 Agustus 2008. “Kalau sampai batas waktu yang kami tentukan Pak Gatot tidak juga dapat mengikuti tes baca Quran, berarti haknya gugur untuk bisa masuk menjadi calon, kata Sumardi.

Agar tidak terjadi kecemburuan atau kecurigaan di kalangan balon lainnya, kata Sumardi, maka proses uji baca Quran ulangan itu tetap akan dilaksanakan secara terbuka di tempat yang sama. Yakni di Masjid Asilmi, nama lain dari Masjid Yayasan Amal Bakti Muslim Pancasila, Kota Subulussalam.

Berdasarkan amatan Serambi, sebanyak delapan pasangan yang mencalonkan diri sebagai walikota dan wakil walikota Subulussalam, mengikuti uji kemampuan baca Quran kemarin dan berakhir sekitar pukul 16.00 WIB.

Dari sekitar 30 orang yang mengambil formulir pendaftaran, ternyata hanya delapan pasangan yang mengikuti tes baca Quran kemarin. Mereka adalah pasangan Rusdy Hasan-Ismail Karo-Karo, Muslim Aiyub-Usni Basyaruddin, Merah Sakti-Affan Alfian Bintang, Asmauddin-Salmaza, Rahmi Syukur-Mulyadi Jabat, Mahdani-Tarmini Pinem, Hasbi Payung (tanpa pasangan) serta Mahadi Bancin-Gatot Tistiono. Namun, terhadap pasangan terakhir ini hanya Mahadi Bancin yang sempat dites membaca Quran, sedangkan Gatot mendadak sakit, sehingga urung dites.

Adapun balon yang tidak ikut tes baca Quran dan dinyatakan gugur sejak kemarin adalah Zainuddin-Badalsyah, Sairun-Jaminuddin, Ismail Aso-Sabirin Hutabarat, Hasby BM, Rusin Bancin, Ansari Idrus Sambo, dan Alamuddin Bancin.

Menurut pihak penguji, tes baca Quran ini meliputi tajwid, irama, dan adab membaca Quran. Meskipun seluruh peserta yang tampil kemarin mampu membaca Quran, namun beberapa di antaranya tampak tersendat-sendat. Ratusan warga antusias menonton para kandidat

orang nomor satu dan nomor dua di kota Subulussalam itu saat melantunkan ayat-ayat suci Alquran.

Ramai dibicarakan

Sementara itu, beberapa baliho yang memuat foto kandidat dalam ukuran besar sudah terpampang di hampir semua sudut Kota Subulussalam. Selain itu, kartu nama plus stiker kandidat makin gencar disebarkan oleh tim sukses masing-masing pasangan ke rumah atau langsung ke tangan warga setempat.

Kendati belum ditetapkan jumlah pasangan kandidat yang bakal maju dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) perdana di daerah hasil pemekaran Kabupaten Aceh Singkil ini, namun kans sosok maupun keunggulan serta kekurangan sejumlah pasangan kandidat mulai ramai dibicarakan masyarakat.

sumber : Serambinews.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s