Wisata

Keindahan di Rindang Hutan Subulussalam

Suatu sore akhir Januari 2008 lalu, langit Kota Subulussalam mendung. Kota yang baru dimekarkan dari Kabupaten Aceh Singkil itu terlihat lengang. Kondisi seperti itu, banyak dimanfaatkan warga kota untuk menuju tempat wisata di kota yang dijuluki ‘jalan kesejahteraan’ itu.

Suatu sore akhir Januari 2008 lalu, langit Kota Subulussalam mendung. Kota yang baru dimekarkan dari Kabupaten Aceh Singkil itu terlihat lengang. Kondisi seperti itu, banyak dimanfaatkan warga kota untuk menuju tempat wisata di kota yang dijuluki ‘jalan kesejahteraan’ itu.

Sepanjang jalan tampak remaja berkendaraan santai. Suasana itu terekam di jalan lintas Subulussalam-Tapaktuan. Beberapa kenderaan tampak melaju ke arah timur kota. Sekitar 15 kilometer dari sana, sebuah lokasi wisata berada; Sungai Namo Buaya namanya. Sepanjang jalan, pohon sawit dan karet milik warga berjejer menambah sejuk suasana sore itu.

Menuju ke sana, tidaklah sulit. Ikuti saja jalan mulus beraspal ke arah Kabupaten Aceh Selatan. Lalu, tepat di depan perkebunan sawit milik warga Namo Buaya, berbeloklah ke kanan. Jalanan disini sedikit terjal dan berbatu. Jika mengendarai kendaraan roda dua, perlu hati-hati. Jalanan terjal dan menanjak harus dilalui untuk menuju obyek wsiata yang baru saja di buka oleh Pemerintah Kota Subulussalam itu. “Sebelumnya, tidak ramai pengunjung kemari. Sekitar akhir tahun 2007 lalu, baru dibuka dan mulai ramai dikunjungi oleh masyarakat,” sebut Saftiyah, warga Kota Subulussalam.

Melewati jalan terjal dan berbatu menjadi tantangan tersendiri bagi para pengunjung. Namun, tidak sedikit pula masyarakat yang berharap, agar jalan menuju obyek wisata sungai itu diperbaiki oleh pemerintah setempat. “Kalau diperbaiki mungkin akan lebih ramai pengunjung ke daerah ini,” sebut Dalfian Tanjung salah seorang pengunjung.

Sekitar dua kilometer masuk ke dalam, maka temukanlah papan kayu yang menjadi penunjuk jalan. Lalu ikutilah arah papan yang bertuliskan lokasi wisata irigasi tersebut. Masyarakat Subulussalam dan sekitarnya lebih sering menyebutkan obyek wisata ini dengan nama irigasi dibanding dengan nama Sungai Namo Buaya. Memang sungai itu juga digunakan sebagai saluran air (irigasi) untuk kecamatan Sultan Daulat dan sekitarnya.

Deras arus sungai terdengar menghanyutkan pengunjung dalam dekapan hutan Singkil tersebut. Tampak masyarakat bermandi ria di kawasan itu. Lokasi wisata ini sekilas mirip dengan kawasan wisata Bate Iliek di Kecamatan Samalanga, Bireuen yang terletak di jalur Banda Aceh – Medan. Keduanya, digunakan sebagai irigasi dan memiliki arus yang deras. Banyak anak-anak dan remaja berenang dengan menggunakan ban mobil di sungai yang jernih itu. Pantulan matahari sore memencarkan kilauan dari air sungai yang mengalir deras.

Namun, keindahan obyek wisata itu tidak didukung oleh fasilitas yang memadai, misalnya toilet. Tidak ada toilet khusus yang tersedia di daerah itu. Bayangkan jika pengunjung ingin buang air kecil.

Solusinya, harus ke sungai yang mengalir deras. “Karena masih baru, belum dibuka toilet,” ujar salah seorang pedagang makanan ringan di sana.

Meski begitu masyarakat tampak memadati kawasan itu. Bahkan, sebut Saftiyah, jika hari libur, masyarakat tumpah ruah ke sana. “Kalau hari libur banyak sekali pengunjung. Mungkin karena airnya bersih, jernih dan derasnya lumayan,” sebut Dalfian Tanjung.

Jika ingin mencoba kedalaman sungai itu, silahkan terjun dari papan yang telah disediakan. Ketinggian papan dari permukaan air sekitar lima meter. Beberapa pengunjung tampak menguji nyali dan meloncat bebas ke dalam air dari papan tersebut. “Nikmat, airnya sangat sejuk. Segar,” ujar Rina Hastuti, pengunjung lainnya. Selain itu, jika ingin mengarungi derasnya arus sungai itu, maka sewalah ban mobil. Harganya hanya Rp5.000 per jam. Namun, jika pengunjung lagi sepi, ban tersebut dapat dipakai sepuasnya dengan harga Rp5.000 sampai bosan.

Jika ingin berkunjung ke lokasi wisata ini, maka bawalah bekal sekucupnya. Maklum, obyek wisata dalam hutan Singkil itu, tidak menyediakan makanan ringan yang cukup. Hanya ada dua warung yang menyediakan makanan dan minuman ringan di sana. Itupun dengan harga yang relatif mahal. “Kami lebih memilih membeli makanan di Subulussalam daripada disini,” ujar Rina.

Obyek wisata irigasi, memang bukan satu-satunya obyek wisata di Kota Subulussalam. Masih ada obyek wisata yang tersimpan dalam perut bumi kota yang baru lahir itu. Sederet wisata yang lain; Air Terjun Nantampuk Mas, ESKPC dan Penuntungan. Kondisinya kurang lebih sama dengan kawasan wisata irigasi. Kurang fasilitas.

Pada Air Terjun Nantampuk Mas misalnya, jalanan menuju ke sana sangat sulit. Tanah liat harus dilalui. Bayangkan jika keluar dari air terjun dan hujan turun. Tanah liat itu sangat sulit dilalui kendaraan roda dua. “Kita berharap agar semua infrastruktur akan diperbaiki. Termasuk obyek wisata ini. Bukankah pemasukan dari sini lumayan banyak,” ujar Dalfian Tanjung diplomatis. Senja mulai turun. Satu-satu masyarakat tampak meninggalkan kawasan wisata irigasi itu. “Khawatir kalau hujan. Longsor dan susah keluar dari sini,” ujar Saftiyah.

Begitulah kondisi wisata Kota Subulussalam. Wisata yang masih butuh perhatian dan promosi ekstra dari pemerintah setempat. Karena wisata yang indah tersebut tersembunyi dalam perut bumi Kota Subulussalam dan Aceh Singkil. Tanpa promosi, masyarakat di luar Subulussalam tidak akan tahu, bahwa alam di sana masih perawan dan menyimpan segudang keindahan.


95 thoughts on “Wisata

    roni said:
    July 17, 2008 at 2:54 pm

    saya juga punya banyak bahan tulisan mengenai objek-objek wisata Subulussalam yang saya nilai sangat menjual dan bisa menarik pengunjung.

    Kalau saya ingin muat tulisan dan gambar-gambar saya di sini bagaimana prosedurnya?.

    Jabat Erat
    Muhamad Roni

    andesconet responded:
    July 19, 2008 at 6:59 am

    terima kasih atas ide mas Roni, admin sangat berterima kasih jika tulisan dan objek wisata bisa di publish di media ini.

    MAKHLUK TUHAN PALING SEXY KARENA KURANG MAKAN said:
    July 22, 2008 at 2:43 pm

    mate kene kerina pejabat Subulussalam…… sepah busung panganke kepeng Rakyat i…….. siap-siapke di kuso Tuhan, asa gupak malaikat takal kene meluakh otak kotokh kene i…..

    kami ora pecaya mi kene termasuk si Salbunis si sekel mate i….

    ha…..ha…..ha……
    TIADA KATA SELAIN ” LAWAN ” PENINDASAN DI NEGERI SENDIRI.

    HABIS KITA DI AKAL-AKAL I KAI…..

    ULANG KE PECAYA…..
    MURA BISA AGAK KAI HABIS LEWE NYAWANA BAKHU TARINGKENA KURSI JABATEN I…..

      tyas putrie said:
      October 18, 2009 at 8:56 am

      maju trus kota subulussalam,,,,,salam dunk buat anK2 AlUmnI SMK Angkatan 2007 semoga Tambah MaKMur ja…………

    erMa said:
    July 24, 2008 at 10:23 am

    omm..

    postingan punya ny *MAKHLUK TUHAN PALING SEXY bla bla bla* itu pake bhs apa??

    bs artiin gag om??

    *gag ngerti sama sekali*

    Dede Rosadi said:
    August 20, 2008 at 2:53 pm

    kalau gak ngerti tak usah tanya
    katanya warga subulussalam tapi tak mampu menggunakan bahasa setmpat

    Rio said:
    August 23, 2008 at 7:20 pm

    Assalamualaikum
    Salam kenal…
    Senang bisa membaca tentang perkembangan yang ditulis tentang Subulussalam. Meski bukan orang asli subulussalam, saya pernah 3 tahun tinggal di sana. Senang juga Subulussalam bisa jadi Pemko. Cuma pada saat saya berada di sana 4 tahun yang lalu, saya bilang ke orang disana..keberadaa status pemkot Subulussalam harus benar-benar dimanfaatkan sebaik mungkin…terutama masyarakat subulussalam sendiri. Jangan sampai penduduk Asli menjadi penonton tentang keberadaan Pemkot Subulussalam…Pengembangan agribisnis yang belum berkembang dan boleh dikatakan hampir tidak ada…juga SDM dalam mengelola pemkot itu sendir…ini juga penting. Saya melihat begitu mudah dan bebasnya orang-orang yang dari wilayah Sumut merambah ke Subulussalam dan memegang jabatan penting. Alih-alih punya hubungan famili atau satu marga. Alangkah sangat disayangkan kalau itu sempat terjadi. Masyarakat Subulussalam akan terpinggirkan seperti orang-orang Betawi di Jakarta. wahai saudara ku..ayo semangat dengan menuntut ilmu dimana saja dan kembali kedaerah (SbSlm) untuk membangunnya…Wahai Saudaraku kembangkang potensi agrobisni di Subulussalam..jangan hanya mengharap dari hasil pergi ke Hutan yang bisa sebulan berada dalam hutan…wahai saudaraku…ayo kembangkan subulussalam menjadi lebih baik…Ditangan andalah Subulussalam bisa maju…

      pendi said:
      April 16, 2012 at 2:53 am

      trimaksh atas saran yg telah di berikan oleh saudara rio,smga sbulussalam dpt lbh maju lagi dalam kebaikan.

    Maharuddin said:
    September 19, 2008 at 1:13 am

    Trima kasih untuk Kota Subulussalam, karena sekarang sudah bisa berbagi Informasi dan Berita. Saya dari jauh hanya bisa mendo’akan supaya Kota Subulussalam Jaya selalu. Amin
    Ia Kok Wisatanya ditampilin gak Komplit Sich, Lae Souraya Pe Tampilken mang Cituk. Tedoh mang aku kampongku Ronding.

    marhalim selian said:
    September 19, 2008 at 2:28 am

    kepada pemko tolong di perhatikan jalan yang menuju ke objek wista. kalau jalan bagus wisata dapat menjadi objek

    younk said:
    September 20, 2008 at 7:26 pm

    buat saudari erma..panjang bgt tuh klw harus diartikan smua tulisan MAKHLUK TUHAN***

    inti nya,,dia kecewa ma pemerintah Kota Subulussalam…karna tdak menjalankan amanat rakyat…TITIK..

    buat mas dede,, tlg jangan masi ada rasa primordialisme donk..
    mgkn mbak erma tuh beneran gak tau artinya…

    truz,,emank klw gak bsa bhsa setempat dah dipastikan bukan masyarakat SUbulussalam..?blum tntu kan…?

    buat pemerintah Kota Subulussalam..Subulussalam bsa berkembang dengan sangat baik klw roda pemerintahan berjalan dgn lancar dan segala aspek/bidang bekerja secara profesional..

    “poto Wisata irigasi kune asa oda lot..?poto penuntungan oda mank..?”

    midwife_cut said:
    October 7, 2008 at 12:22 pm

    ass. salam kenal….
    kaget…..seru….akhirnya sy bisa menemukan tulisan tentang subulussalam. kangen nih…. jadi pingin pulang.cayoo… untuk pemkot subulussalam. sy kangen banget dengan teman2 SDN 1 Subulussalam angkatan 1995, dimanakah kalian berada???

    Ridwan KUA said:
    October 12, 2008 at 3:27 am

    Numpang Tanya ne Kapan Penerimaan CPNS Jalur Umum Untk Kota Subulussalam

    andesconet responded:
    October 12, 2008 at 1:52 pm

    belum ada kabar bos…sabar lah bos..:D

    MAHASISWA JOGJA said:
    October 13, 2008 at 8:24 pm

    SALUUUUT BUAT Mbak YANG PALINK SEXY tadi…….

    WIL said:
    October 13, 2008 at 8:34 pm

    sama kangen dengan subulussalam…. semoga teman2 yang jauh bisa cepet pulang.

    erma said:
    October 15, 2008 at 4:07 pm

    wah om, dede kejam tuh..
    masa aku d kata2 in..
    huh!
    gag terima nih..
    mentang2 aku bukan org Subulussalam trus gag blh komen gt?

    *huhu, sok galak*

    bcanda bcanda..*peace*

    kan kalo malu bertanya, tar jd sesat d jalan..yakan??

    hoho

    om om,, tar laen kali aku d belain y..
    ok??!!

    qiqiiqi

    pemuda kota subulussalam said:
    October 27, 2008 at 9:58 am

    Salam kenal y sm adminnya.

    Seru juga beritanya y, apalagi update terus, keren.
    Semoga dengan adanya situs kota subulussalam yang beredar di internet bisa menambah pengetahuan dan informasi mengenai kota subulussalam.
    Semoga pemerintah memperhatikan nasib kota kita ini, dan supaya secepatnya membuat situs resmi. Dimana nantinya akan bisa langsung mengajukan pendapat saran dan kritik kepada pemerintah dan pejabat-pejabat. Amin

    Untuk tambahan mengenai kota subulussalam, kunjungi situs di bawah ini, semoga dapat membantu.

    http://www.pemkosubulussalam.co.cc

    Kesatuaan Mahasiswa Pak-Pak SeDunia Banda Aceh said:
    November 2, 2008 at 9:06 am

    Njuah-Njuah mendahi kita karinana

    Kami dari Kesatuan Mahasiswa Pak-Pak SeDunia Yang berkantor Pusat Di Banda Aceh Jl.K.Amin Beurawe Menyaranin Kepada PemKO Subulussalam untuk memperhatikan dan membimbing kami Disini, Karna kami Adalah anak Kota Subulussalam yang tergabung dalam KMPS Banda Aceh. KMPS terbentuk Tanggal 22 Agustus 2008. ketua Umum Juliamin BAnurea, Wa.ketua umum Hermanto Berutu,Sekjen Juanda alimansyah Berutu, dan sebagai Bendahara Anto.
    Njuah-Njuah

    Juanda Alimansyah Berutu

      LIAS said:
      December 27, 2009 at 5:43 am

      mike enggo pana juliamin??? mane ia ibanda aceh……..
      o pe enggo mike???
      kabang ke kidah karina isen nai………….
      mike enggo pengurusna…
      sekkret kita enggo i tarik habis kontrak.

      BY LIAS BAKAL BUAH

    Younk said:
    November 13, 2008 at 12:49 pm

    Masuk mods…

    Saya setuju dengan pendapat “Pemuda Kota Subulussalam” agar PemKo Subulussalam secepatnya membuat/merilis situs Resmi Milik Pemerintah Kota Subulussalam…

    Susah euy cari berita n kegiatan Pemko subulussalam di internet..hanya ada di Waspada.com dan Serambinews.com…selebihnya..?!!@#?”…

    ouw ya,,promosi dikit nih mods…

    Tambahan mengenai Kota Subulussalam silahkan buka nih situs..

    http://www.subulussalam.tk

    atau

    http://www.subulussalamweb.co.cc

    thankz mods..

    edysahputra said:
    November 16, 2008 at 6:29 pm

    sadarilah wahai pemuda/i warga pemko bahwasanya daerah kita itu sangat indah dan asri masih banyak kekayaan dan keindahan alam yang belom terjamah oleh tangan manusia maka tugas kitalah menjaga dan melestarikannya dan mengembangkannya, oya kepada pejabat birokrat pemko subulussalam tolong dunk benahi kembali pembangunan pariwisata yang da di wiayah pemko subulussalam…salam kompak selalu untuk pejabat2 birokrat pemkot s.salam,.

    yaser said:
    November 19, 2008 at 4:57 am

    mau sedikit komentar tentang penerimaan cpns,penrimaannya klo g slh mulai tgl 25 nov dan ujiannya tgl 14 des 2008.permaslhnnya dlm undang2 jangka waktu pendaftaran cpns itu sebulan,tetapi di subulussalam kok g nyampe sebulan dan ini sudh menyalahi ketentuan undang-undang

    Raja said:
    November 21, 2008 at 7:11 am

    BUAT KAMU YANG PALING SEXY…………………………………………..
    klo maslah pembohonagan yang dilakukan pejabat publik terhadap rakyatnya. itu tidak bisa dipungkiri lagi karena mereka ORANG PLITIK yang sikat sana sikat sini lawan bisa jadi teman,teman bisa jadi lawan. itulah realita dalam perpolitikan…FUCK POLITIK
    masalah korupsi………
    saya katakan klo selama mereka hendak menjadi pejabat mengeluarkan uang yang sangat besar…jangan harap mereka bebas dari korup walaupun ada hanya 1 dari 1000 orang pejabat….
    SEBAGAI MASYARAKAT AWAM SAYA MENGAJAK SELURUH MASYARAKAT PINTAR2 LAH MEMILIH PEMIMPIN……..

    HIMAPPKOS - SUMUT said:
    November 21, 2008 at 11:03 am

    Ass, salam dari mahasiswa medan, kune kabar pemko? lot mang nggo adangen, saya sedikit sini mao ngasih comentar mengenai : objek wisata di kota S.salam koq itu aja di tampilkan? emangnya di kota s.salam objek wisatanya cuma itu aja, kalau bisa semua objek witasa di kota tersebut di masukkan / di tampilkan, kalau memang itu aja udah basi, kalo bisa yang membuat BLOG ini harus bertanggung jawab, biar semua orang tau di indonesia ini ,kalau di kota sebulussalam mempunyai objek wisata yang bisa membawa keuntungan bagi masyarakat kota subulussalam.

    sebelumnya kami dari HIMAPPKOS – SUMUT sangat bererima kasih kepada yang membuat BLOG ini, karena disini kita sedikit banyaknya bisa mengeluarkan inpirasi atau comentar untuk kota yang kita cintai…

    pati bisa sada kata kita kerina, karena masyarakat kota subulussalam nggo resmi, menjadi “SUKU SINGKIL”, jadi di kota subulussalam oda ne lot suku, selain suku singkil, setuju pa odak pati suku kita resmi jadi suku singkil……… ~_*

    Awal lingga said:
    December 2, 2008 at 5:39 am

    halo midwife_cut emg km skrg lagi dmn, mungkin km bisa kembali berkomunikasi dengan sesama teman di subulussalam, midwife_cut untuk bisa lebih cpat lagi ketemu ama teman2 di subulussalam bisa dikirim no HandPone kamu ke 085658551587 aku siap bantu kamu mungkin aku salah satu teman kamu itu. & nama kamu ini sekalian Email kamu ya

    robert said:
    December 3, 2008 at 10:00 am

    to:makluk tuhan paling sexsi
    bos aku tau ko menamakan dirimu pembela rakyat,yang selalu memikirkan rakyat.. tapi pakek etika lah dikit
    kritik-kritik………! kan bisa sopan,kan subulussalam baru berkembang kan… tausah lah kau kotori orang yang sedang berkembang,,,,, biar kan mereka berkembang …….. ko pastikan aja jikaliu ko menjadi pejabat peganti mereka ko tidak seperti mereka…….
    pesan ku untuk semua intelektual revolusioner muda kota subulussalam..
    “berubah lah dalam satu l;angkah dulu baru anda rubah langkah berikut nya.. kalau anda belum bisa merubah dalam satu langkah maka jangan bermimoi untuk merubah tatanan yang ada di lingkungan anda………..!
    salam hangat
    by anauk rakyat

    robert said:
    December 3, 2008 at 10:04 am

    salam kenalllllllllllll ma semua mahasiswa intelektual muda kota subulussalam yang selalu memikirkan rakyat…….. edd lah ke FS aq enda_obet@ yahoo.com
    aq nanti eeeeeeeeeeeeeeeeeeeee

    YAN JUNAIDI KOMBIH said:
    December 4, 2008 at 7:59 am

    Selamat dan Sukses selalu saya ucapkan Kepada Kawan-kawan semua yang ada di seantero indonesia raya ini, khususnya rekan-rekan Subulussalam yang semakin lama semakin maju dan berkembang, berkreasi trus untuk memajukan daerah yang kita cintai ini….. maju trus pantang mundur……………..enggo pintar-pintar anak-anak subulussalam enda kpeken……hehehehe…. salam dari singkil – BRR NAD-NIAS REGIONAL V

    robert said:
    December 4, 2008 at 9:27 am

    woiiii mahasiswa jokja kok bodohh………
    orang yang gak beretika di belaiiiinnn……..
    wanita yang paling seksi tu bagaikan katak dalam tempurung yang baru tau rupanya dunia ini gak selebar tempurung tsb….
    jangan di dukung aaaaaa….. bar kan dia berteriakkkk
    anjing menngongong kapilah berlaluuuuuuuuuu

      Pembunuh Bayaran untuk rakyat said:
      January 10, 2012 at 2:47 am

      eh robert jngn ko bw2 mhsswa jgja pake di katain bodoh lagi ..
      kau juga gk punya etika tuh…
      baru koment gt ja kau dah emosian… mana jiwa kesabaranmu,….

    yaser said:
    December 10, 2008 at 1:08 pm

    sory maas,om robert…
    bknnaya membela..
    tp kenyataannya kyk gitu..

    iwan said:
    December 24, 2008 at 4:42 pm

    say mau liat dong nam2 yang lolos ujian cpns tahun 2008

    UMARTONO said:
    December 30, 2008 at 4:08 am

    Sorry ya, saya hanya mau berkomentar saja, situs ini di akses dan di baca oleh masyarakat seindonesia, saya juga mengakses situs ini dari purwokerto jawa tengah, harapan kita kan dengan adanya situs subulussalam ini, masyarakat indonesia tahu tentang kota subulussalam, kalau bisa komentar yang kita tulis bernilai positif, kritis untuk memajukan itu sangat saya dukung. trimakasih

    regard

    umar

    nuar said:
    January 2, 2009 at 4:17 am

    mas iwan, sepertinya pengumuman ujian cpns untk wilayah NAD belum di umumkan tu

    nico said:
    January 13, 2009 at 3:14 pm

    assalamualaikum…
    selamat malam ogek2 ambo saluruhnyo..
    mudah – mudahan kito sehat2 sadonyonyo.
    ambo sangat satuju ide ogek ko.
    tapi ambo manyarankan supayo jagan hanyo kota sajo baapo kok kabupaten juo dipromosikan.

    ambo sangat mandukung bana gek.

    wassalam,

    Nico S

    aced said:
    January 20, 2009 at 3:36 am

    assalamualaikum
    lama kali boss pengumuman hasil ujian cpnsnya… jgn ada permainan boss…

    Andong maha said:
    January 20, 2009 at 6:46 am

    assalamualaikum;;;;;;;;;;
    Tempat wisata di daerah pemerintahan kota subulussalam sangat banyak,,,,,,,,, coba bagi anda yang suka berwisata kumjungi sekali-kali daerah sultan daulat,ikuti saja sungai soraya sampai ke perbatasan dengan aceh tenggara dengan mengendarai sped bood atau sejenisnya pasti anda akan menemukan berbagai macam pemandangan alam yang sangat menawan,seperti air terjun di ruam,air terjun LDP,air Terjun Sampai NIat dan tempat2 bersejarah seperti Makam Raja kerajaan pasir belo,Batu penangkasan dan masih banyak lagi lainnya,
    kapan-kpan kita akan berwisata kesana

    abhie said:
    January 29, 2009 at 3:48 pm

    Semangan terus pantang menyerah, kita bangun negeri sada kata oke !!!

    Andriyanto said:
    February 10, 2009 at 9:34 am

    Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh

    Sekitar tahun 1990 saya berkunjung ke Subulussalam 2 (dua) kali dalam rangka melakukan penelitian kesesuaian lahan untuk pertanian (waktu itu masih kecamatan). Penelitian tersebut saya lakukan untuk skripsi S-1 saya di fak. Geografi UGM. Alhamdulillah berkat penelitian tersebut saya mendapat gelar sarjana saya.
    Agak takjub juga, daerah ini telah menjadi kota, dan lebih takjub lagi kota ini ber-ikon Menuju Kota Agropolitan. Harapan saya para pengambil keputusan di kota ini sudah melakukan penelitian dengan matang terhadap konsep kemana kota ini akan dibawa.
    Berdasarkan hasil penelitian saya, menunjukkan bahwa sebenarnya sebagian besar wialayah di Subulussalam mempunyai keterbatasan lahan yang signifikan untuk dikembangkan sebagai daerah pertanian (dengan kata lain kesuburan tanahnya rendah). Hanya beberapa jenis tanaman saja yang sesuai ditanam di sini, itupun dengan tingkat kesesuaian yang rendah.
    Saya tidak ingat persis hasil penelitian saya, tetapi intinya adalah seperti di atas.
    Untuk itu, harapan saya pemerintah kota betul2 memberikan alokasi untuk penelitian yang mendalam mengenai kesesuain lahan, sebelum mengambil keputusan melakukan investasi yang besar di bidang pertanian.
    Walaupun bukan warga asli Subulussalam, tetapi karena menjadi bagian dari tanah negeri ini, maka tulisan kecil ini adalah bukti kepedulian dan kecintaan saya kepada Subulussalam.
    Salam dari jauh dan disertai harapan semoga semakin maju dan mampu mensejahterakan warganya lahir dan batin, amin.

    Wassalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh

    Andriyanto said:
    February 11, 2009 at 4:41 pm

    Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh

    Sekitar tahun ’89-90an saya pernah berkunjung dan tinggal selama 1 bulan sebanyak 2 kali di Subulussalam. Saat itu masih sepi dan tidak mengira kalau secepat ini menjadi sebuah kota. Selamat!

    Kunjungan saya dalam rangka penelitian untuk skripsi saya di fakultas Geografi UGM. Adapun yang saya jadikan obyek penelitian adalah Evaluasi Kesesuaian Lahan untuk Pertanian di kecamatan Subulussalam. Alhamdulillah, berkat penelitian itu saya berhasil menyabet gelar S1 saya. Terimakasih saya ucapkan kepada warga Subulussalam yang saat itu memberikan bantuan kepada saya, namun saya tidak bisa sebutkan satu persatu namanya, mudah2an mrk masih ingat saya.

    Penelitian saya di Subulussalam sebenarnya bukan karena keinginan saya sendiri, namun hal itu terlaksana berkat permintaan dan sekaligus dukungan dari almarhum bapak Haji Din Ilyas – Tangerang. Beliau yang asli Susoh – Aceh Barat, berniat mendirikan Dayah Modern Terpadu di Subulussalam. Saat itu beliau sudah memiliki tanah di daerah Rundeng. Karena menginginkan kelak dayahnya tersebut mampu mandiri dari hasil pertaniannya, maka beliau meminta kepada saya sekaligus membiayai seluruh pelaksanaan penelitian evaluasi kesesuaian lahan untuk pertanian tersebut. Beliau berharap dari penelitian yang saya lakukan akan mendapatkan masukan yang tepat bagaimana kualitas lahan di Subulussalam untuk budidaya pertanian, dan jenis tanaman apakah yang paling cocok ditanam.

    Berdasarkan keinginannya tersebut, maka saya mengambil topik penelitian Evaluasi Kesesuaian lahan untuk Pertanian.

    Bagaimanakah hasil penelitian saya tersebut ? nah, sayangnya saat ini saya tidak menyimpan dokumen skripsi saya, karena saat ujian skripsi saya hanya membuat 2 buku, dimana 1 buku disimpan di perpustakaan fak. Geografi UGM, sedangkan buku yang satunya saya serahkan kepada almarhum Haji Din Ilyas.

    Namun secara umum saya masih ingat hasil penelitian saya, dan pada kesempatan inipun perkenankan saya memberikan masukan kepada segenap pengambil keputusan di kota Subulussalam berdasarkan hasil penelitian tersebut.

    Menurut saya hal ini penting, mengingat para pengambil kebijakan di Subulussalam akan mengarahkan perkembangan kota ini sebagai kota Agropolitan. Maknanya adalah menjadikan pertanian sebagai basis kehidupan agar Subulussalam sejahtera tentunya.

    Saya berharap bahwa para pengabil keputusan telah melakukan kajian yang cukup sehingga berketetapan hati menjadikan Agropolitan sebagai ikon kota ini. Harapan saya ini mengandung kekhawatiran karena dari hasil penelitian aktual saat itu menujukkan bahwa sebagian besar wilayah Subulussalam terdapat hambatan yang berat untuk pengembangan pertanian. Kualitas lahannya rendah, terutama karena hambatan tingkat kemasaman tanah yang cukup tinggi. Sehingga tingkat kesesuaian lahan untuk tanaman pertanian terbatas.

    Kenampakan yang nyata saat itu adalah pada lahan transmigran yang melakukan penggarapan lahan lebih intensif daripada warga asli, kami dapatkan bahwa pada musim panen2 berikutnya terjadi penurunan hasil produksi yang signifikan. Pada saat kami mendatangi lokasi transmigran di sebelah selatan Subulussalam, tanaman jagung yang mereka tanam memasuki usia penen, akan tetapi kami melihat tanaman jagung tersebut tidak ada bijinya sama sekali. Maka tidaklah mengherankan jika para transmigran terutama kaum lelakinya beralih profesi menjadi buruh karet.

    Itulah kesimpulan penelitian saya di tahun 1990 yang saya yakin kondisi lahannya saat inipun belum berubah, malah bahkan mengalami degradasi lahan terutama pada lahan2 yang diolah secara intensif.

    Harapan saya, para pengambil kebijakan dan keputusan di Subulussalam telah memhami benar permasalahan tersebut dan telah melakukan atau paling tidak mengalokasikan penganggaran untuk penelitian yang tepat dan akurat serta bertindak tepat sebelum melakukan investasi besar-besaran di bidang pertanian. Sehingga harapan dan tujuan kemana kota ini akan dibawa dapat tercapai dengan mulus, amin.

    Demikian sedikit masukan dari saya, walau bukan warga Subulussalam, namun karena menjadi bagian dari negeri ini, maka tulisan ini bukti kecintaan saya kepada Subulussalam.

    salam hangat dari jauh, semoga kita sukses bersama membangun negeri, amin.

    bejo said:
    February 11, 2009 at 4:44 pm

    assalamu’alaikum

    toto said:
    February 13, 2009 at 4:35 am

    di banda ach hanya satu organisasi paguyuban mahasiswa yaitu HPP-SHaF kota subulssalam. udah didirikan sudah lama oleh senior kita yaitu : Zuliadin, medan rayali jbat, efriadi, irwan rahim, dan banyak lain seluruh seniorlah … leting tua….

    bagi yang mau mendirikan himpunan atau ikatan yang lain di banda aceh haraplah maklum kita sama2 LAH DI HPP-SHaF, ini milik kita bersama maju mundurnya kita tentukan bersama.

    oke seninaku… njuah-njuah mo kita karinana ti we!

    kabar dari aceh said:
    February 13, 2009 at 4:42 am

    HAI… MASYARAKAT KOTA SUBULUSSALAM DANS SELURUH PUMUDA/I KAMI MAU TANYA???? BOLEHKAN….APAKAH MAU MEMILIH PEJABAT2 SEKARANG PADA PEMILU …….????? YA PENILAIAN KAMI PADA MEREKA2 NE KAYAKNYA KURANG BEGITU RESPON TERHADAP NASIB-NASIB MASYARAKAT KITA…. MENGENAI KEMISKINAN, PENDIDIKAN, ATAU TANAH-TANAH YANG DISEROBOT…. KAYAKNYA TIDAK ADA PENYELESAIAN DARI HARI KE HARI….

    BAGAIMANA COBA……….
    TOLONG DI TANGGAPI/////

    BY…. URENG ACEH

    sebuah kisahku said:
    February 13, 2009 at 5:44 am

    ada sebuah cerita di sebuah kampong,, begini ceritanya…
    pada suatu hari ada sebuah perusahaan yang masuk kewilayah kampung tersebut dengan dalih perusahaan tersebut dijanjikan akan memberi manfaat yang baik bagi masayarakat kampong tersebut,,, salah satunya diberikan beberapa petak tanah untuk rakyat sendiri diluar milk perrusahaan tersebut dan satu lagi perusahaan berjanji akan memperkerjakan msyarakat tersebut dalam perusahaan…
    nah hari berganti hari dan terus berlalu.. masyarakat yang sudah mengetahui kabar tersebut pun dalam kesehariannya terus bermimpi dan mempunyai hayalan tingkat tinggi seperti lagu peterpan.. karna mereka akan segera mendapatkan pekerjaan yang layak… mendapatkan penghsilan yang lumayan untuk kehidupan sehari-hari… bahkan lebih lucunya ada yang menghayal beli honda dan nikah dengan gadis kampong yang dicintainya pabila bekerja di perusahaan tersebut…..
    Namun kenangan dan hayalan tinggallah bagaikan mimpi di siang bolong seperti kata pepatah yang mengartikan tidak mungkin tercapai…. setahun dua tahun telah berlalu mimpi tersebut itu pun tidak muncul…..
    tak berselang lama pada tahun kedua tiba-tiba perusahaan tersebut datang kembali kedesa mereka…. tetapi bukan seperti angin surga bahkan masyarakatpun terjadi konflik dan berbagai kejadian-kejadian yang membuat masyarakat tidak nyaman akan kehadiran perusahaan tersebut.
    mau tau bagaimana kelanjutan……………… tunggu aja ya…….

    by.. to2

    lissa said:
    February 13, 2009 at 5:47 am

    kpd yg buat cerita kisahku dilnjutin donggggg coz.. seru jga tuh
    klo leh tau kampongnya apa gak punya nama???????????????????????????????????????????????????????????????????????????????….jawabya..lissa

    ANEUK BANDA said:
    February 13, 2009 at 6:36 am

    ada sebuah cerita…. disuatu kampung dengan masyarakat yang tidak terlalu banyak mungkin hanya sekitar 500 kk…. namun mereka hidup dengan rukun dalam sistem masyarakat yg bergotong royong.. seperti SUHARTO kali ya….
    singkat kata waktu yang tidak ditentukan datanglah sekelompok orng yang gagah dengan pakaian rapi bergaya orang kantoran..sehingga masayrakat sekitar yang melihat mereka memperhatikan orang2 tersebut dari ujung rambut sampe keujung kaki… mereka bertanya dalam hati ada apa gerangan sehingga mereka terdampar di negeri kami ini yang jauh dari kota dalam hati mereka bertanya… sehingga beberapa dari mereka memberanikan diri untuk berkenalan dengan pendatang baru tersebut… E bro siapa lho..? ?? (ciehh biar orang kampung tapi gaul jga gitu) pembicaraan pun terus berlangsung bahkan dengan seriusnya mereka mengajak pendatang tersebut kesebuah warung kopi yang ada didaerah tersebut… di warung kopi tersebut(maklum dikampung cuma ada warung kopi bro… gak ada cafe tmpat mangkal..he he…) cerita pun terus berlangsung yang pada ujung2nya mereka adalah dari perwakilan sebuah perusahaan di bidang pertanian..! yang akan bekerja di sekitar wilayah mereka… sentak saja msayarakt terkejut… namun dengan jurus perusahaan memberikan janji-janji manis kepada masyarakt sehingga msyarakt terbuai dengan janji tersebut.. (KOK SPERTI CALEG YG KAMPANYE YA.. JANJI SEGALA..HE HE…._)
    Janji tersebut berupa akan memberikan beberapa hektar…dan satu lagi yang membuat msayarakt angguk-angguk geleng2.. setelah itu para perwakilan perusahaan tersebut pulang karna mereka takut kemalaman apabila terlalu sore berangkat dari kampong tersebut…
    masyarakat yang ditinggal tersebut pun merasa gembira ria mendengarkan penjelasan dari orang yang mereka tidak begitu kenal// hari barganti hari perusahaan tersebut menjadi pembicaraan dari mulut ke mulut seperti berita yang selalu headline.. sehingga beberapa masyarakt tidak malu-malu untuk bermimpi dan berhayal tingkat tinggi seperti lagu peterpan.. mereka berhayal ingin itu dan beli ini-beli itu.. bahkan yang lebih lucu lagi ada pemuda yang berhayal apabila kelak bekerja di perusahaan tersebt akan membeli honda merk supra fit x dan melamar gadis kampung yang dicintainya kelak.. ye tapi setelah beli honda dulu biar bisa mejeng niatnya. he he… lucu ya hayalan beliau….

    tetapi bulan berganti tahun pun terjadi, perusahaan pun tak kunjung datang dan harapan pun mulai sirna dari hayalan dan impian.. cian deh luuuu (emang enak diboongi… he.. just kidding ya…). saat masyarakat tidak begitu berharap lagi, impian pun sudah terhapus, secara tiba-tiba tanpa diundang perusahaan tersbutpun datang kembali dengan PEDEnya menyatakan telah memilki tanah disekitar tanah masyarakat yang lebih hebatnya sudah memiliki sertifirkat yang legal dari pemerintah.. ! dan lahan tersebut akan didijadikan perkebunan sawit sekian ratus hektar. sehingga masayrakat pun menuntut hasil dari pembicaraan yang lampau apa yang tanggapan perusahaan… anjing menggonggong kafilah berlalu begitulah kira2 kata kasarnya…sehingga masyarakat kecewa dan merasa dibohongi bahkan dibodohi perusahaan setan tersebut.. mereka mengambil langkah untuk mengadakan rapat dengan tokoh2 masyarakat didesa tersebut dan mengundang perwakilan perusahaan … namun sia-sia saudara-saudara….tidak sedikitpun respon dari perusahaan… msyarakt tidak kehabisan akal.mereka melaporkan kepada camat setempt.. dan ternyata akal tersebut sangat jitu sehingga camat mengadakan rapat yang dihadiri oleh perushaan tersebut dan menghsilkan kputusan yang sedikit mengutungkan masyarakat. pertama perusahaan harus memperkerjakan masyarakat desa, kedua perusahaan sementara tidak dapat melakukan aktivitas apapun dilahan tersebt sebelum ada kejelasan tanah karena masyarkat mengklaik ada tanah warga yang masuk atau diserrobot perusahaan tersebut (bajingan jga perusahaan tersbt).. gue capek ni…ngetiknya.. gue singkat Perusahaan jadi PT aja ya.. Key..

    kesepakatan tersebut diiyakan oleh perusahaan tersebut.. sedikit legalah masyarakat.. selang beberapa hari tau gak yang terjadi bagaimana PT (singkatan perusahaan, ingatkan) tersebut.. ternyata PT trsebut melanggar kesepakatan yang telah dibuat BRO… gila gak..gila dong.. masyarakt merasa kecewa dong.. kami aja gak SEKOLAH tau kalo perjanjian dan kesepakatan gak boleh dilangggar… Ya KHANNNN… jelas dong… PT tu SALAH…. dan ternyata dilapangan PT tersebut tetap menjalangkan aktivitas sehari-hari mereka dengan mengukur tanah dibuat batas dan menebangi pohon-pohon yang ada… jelas masyarakt ya marah ya kan …. wajar aja… tau gak karena udah marah semua Dan NAIK PITAM semua… Rame-rame masyarakat datang ke lahan tersebut dengan MEMbawa………………………………….. bersambung ya….
    ntar kita smbung lagi… gmana??? msih bnyak ceritanya sampe kengeri sbrang lho….

    by TO2

    TUDIN said:
    February 14, 2009 at 10:18 am

    assalamualaikum;

    Odak kami sekel andong maha……….
    oda lot kepeng kami mi bekas sidokan kona i..
    kadang-kadang gumbu2 mang kalak2 genen du..
    cerita parawisata no….mangan hambing payah….
    dalam kontex Subulussalam dengan tarap ekonomi masyarakatnya yang lumayan rendah jadi cerkhita tentang Pariwisata idi Bohong sebab parawisata idi konsumsi sekunder mula nggo beres primer na…en hanya panganan kalak2 ekonomi menengah keatas yang persentasi na sangat kedep..dan mbue kalakne si tukang akal2 li rakyat tapi oda ratana da…
    Gumbuna peh ko andong…………………
    Cerita sileban sambing mo kita….
    Kune asa ekonomi kelak kita mantap kek…
    kune asa dana APBK 2009 subulussalam menyentuh kepentingan Rakyat ulang ratana di pangan kuyuk2 si melagak tiap wari…
    pokokna si cerdas dan kritis mo ndong….
    salam mi imbang2 mu seleban du si cerdas na ntang si gumbuna…mula sigumbu2 na suruh hambing mate trus…
    ha,,,,ha,,,,ha,,,,ha,,,,,

    tudin.

    Tempat wisata di daerah pemerintahan kota subulussalam sangat banyak,,,,,,,,, coba bagi anda yang suka berwisata kumjungi sekali-kali daerah sultan daulat,ikuti saja sungai soraya sampai ke perbatasan dengan aceh tenggara dengan mengendarai sped bood atau sejenisnya pasti anda akan menemukan berbagai macam pemandangan alam yang sangat menawan,seperti air terjun di ruam,air terjun LDP,air Terjun Sampai NIat dan tempat2 bersejarah seperti Makam Raja kerajaan pasir belo,Batu penangkasan dan masih banyak lagi lainnya,
    kapan-kpan kita akan berwisata kesana

    si mukhung mecekhok said:
    February 16, 2009 at 1:39 pm

    senang ate da membaca sekilas jeritan “”mahkluk tuhan paling seksi””……………. yang romantis giak cituk nai……..
    heee,,,, haaaaaaa….
    pate setuju na kami si mukhung en………

    Andriyanto said:
    February 17, 2009 at 1:38 am

    Assalamu’alaikum

    Bagi warga Subulussalam, bisakah beritahu saya apakah sudah ada/berdiri Dayah/Pesantren di kota ini? bila ada, apa saja namanya dan siapa pengelolanya? Terimakasih.

    Wassalamu’alaikum

    Embong Tekuk said:
    February 17, 2009 at 1:39 am

    Selamat, selamat,selamat

    AMUBA said:
    February 18, 2009 at 9:44 am

    comment tentang pengadaan barang/jasa sebelum pengesahan APBK….!

    HAI… PEMERINTAH KOTA SUBULUSSALAM, ANDA-ANDA INI MEMANG LUAR BIASA SIKAP DAN SIFAT ANDA TIDAK SESUAI DENGAN HARAPAN RAKYAT….
    SIDANG APBK MAUNYA DILAMBAT-LAMBATKAN>>>>>>>>>
    GILIRAN TENDER MAUNYA DIPERCEPAT>>>>>>>>>
    GAK TAU MALU KALIAN……………………………….
    KALO BERANI BUAT SEMINAR SEHARI… TENTANG PEMBAHASAN APBK… KITA BEDAH BERSAMA… KAMI TUNGGU UNDANGAN KALO ANDA2 ITU…GENTELMENT… SEBAGAI PEMERINTAH YANG BERSIH DAN TRANSPARAN..
    BAGI SABIT PECAT AJA ORANG2 SEPERTI INI…………

    dan satu lagi.. di BANDA ACEH, TEPATNYA DI JL. BEURAWE ADA RUMAH PEJABAT TINGGI KOTA SUBULUSSALAM YANG DIBANGUN MEGAH NAN MEWAH.. KIRA2 SEKITAR 1 MILYAR LEBIH LAH BIAYA PEMBANGUNANNYA…
    ADA APA INI????? KOK DIBANGUN DI BANDA ACEH ?????
    TAKUT YA….
    nb : BERITA INI BENAR APA ADANYA BANYAK SUMBER YANG MENGATAKAN…
    BAGI PEMILIK RUMAH, PAK JANGAN DIJUAL YA.. KAN KEREN……!!!!!!!
    ATO KAMI PINJAMLAH SEBAGAI TEMPAT NGINAP KAN BELUM DI TEMPATI>>>>

    MOHON TANGGAPAN DARI KAWAN2 SEMUA!!!
    KALO BISA LANSUNG DARI PEMERINTAH>>>>>
    BY : AMUBA

    Younk said:
    February 20, 2009 at 6:00 pm

    Pada Pembaca Semua, harap di Baca Comment dari UMARTONO..

    Itulah Comment/pendapat dari orang luar mengenai kita (masyarakat Subulussalam).

    Saya harap, comment yang akan anda publikasikan di situs ini tidak memuat penyataan yang tidak etis, tidak logis dan tidak bertata krama.

    kandar said:
    February 26, 2009 at 3:39 pm

    tuk smua yg mmberi comen,,,,
    jangan bhas itu2 aj boz,,,,,bahs yg laen kn bnyak yg msih kurang di kota kta ne,,,,sperti olah raga dan musik,,,,
    bnyak tu adek2 kita yang tak terslurkan bkat,,,,

    jangan ketinggalan truz kota subulussalam

    andika said:
    March 14, 2009 at 11:16 am

    Permisi, saya cuma kasih saran, di subulussalamkan bnyak objek wisatanya, kenapa tidak di tampilkan, koq gambarnya itu-itu aja, kalo bs tambahkan gambar yang lain.

    http://akom-subulussalam.blogspot.com/

    dede said:
    March 14, 2009 at 11:18 am

    maju terus subulussalam, sekali maju pantang mundur.

    kos said:
    March 23, 2009 at 8:15 am

    kune kbar pak walkot…………………………………..?
    bue go kepeng korupsi kita i,,bagi-bagi mang da deba……
    ulang mang telen ko sadamu,enget mang kami si kuliah en beh,,
    njuah njuah kita kerina………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………by : kos(kami orang susah)

    si anak kampung said:
    March 30, 2009 at 5:38 am

    assalamu’alaikum,………..
    salam kenal untuk orang subulussalam.

    perkembangan wisata di kota subulussalam sudah terlihat mulai bagus, akan tetapi fasilitas yang diberikan tak sebanding dengan keindahan wisatanya.

    kepada pejabat yang telah terpilih, kami memilih anda untuk kemajuan kita bersama, untuk kemakmuran kita, dan untuk kesejahteraan kita seperti arti dari kota “subulussalam” sendiri.

    ingat !!!!! sekecil apapun yang anda lakukan, pasti akan dimintai pertanggungjawabannya….

    alamsyah said:
    May 2, 2009 at 6:17 am

    jelek x wisata ssalam, tu z d banggakan….

      mama said:
      May 11, 2009 at 1:44 pm

      SEMANGATNA KONEN GEK…………….

      bhanu said:
      December 16, 2009 at 3:41 am

      kalau komentar itu yang bagus2 aja bos

    alimin said:
    May 6, 2009 at 4:15 pm

    asslamualaikum? kune kbr mahasiswa subulussalam kekhina.selain objec wisata tong bueden sibisa kita pecidahken kelibihen kampongta cuba tengen batang lae soraya mbueden anak-anak oda sekolah pengangguren makin merakyat kemiskinen setiap sapo kekhajo oda lot anak-anak tekhus metambah pembangunen kde poda tekhidah.apakah enmo gelakhna pemko?sebagai calon pemimpin kampongtanan begendenmo kesempataen kita untuk membangun kampongta simetuah kita tanamkenmo jiwa produktip sang takalta asa ulang mandul bage pejabatta kepeng keca tohna bak mahasiswana enggo tekhikut. moda oda kita mekhubah iseden muda oda begenden diganden…salam sukses mhswa s,salam

    MAMA said:
    May 11, 2009 at 1:49 pm

    andai forum ini kita jadikan sebagai ajang diskusi untuk kemajuan kota subulussalam, alangkah indahnya………….

    MAMA said:
    May 11, 2009 at 2:12 pm

    Sahabatku yang merasa peduli dengan pendidikan di Kota Subulussalam…
    Taukah engkau nasib pendidikan kita sekarang dan hari esok….?
    Semua jadi tidak jelas. Pejabat di dinas pendidikan telah silih berganti, pundi-pundi pun terus diisi, dana pendidikan melimpah, tapi kearah mana kita berlari semakin tidak terarah. Mereka tidak memiliki Visi, mereka tak punya misi, mereka hanya memanfaatkan situasi karna mereka juga memang tidak punya rasa memiliki kota yang kita cintai ini.
    Sahabatku…, saya tau, engkau juga memikirkan hal itu. engkau juga memiliki rasa seperti aku… tapi sepertinya negeri ini hanya milik mereka para petualang-petualang jabatan yang memang ahli dalam menyenangkan atasan.
    Bapak Wali Yang Kami Cintai…, bangunlah.., jangan Bapak lalai dengan sanjung dan bujuk mereka. mereka hanya petualang…., petualang jabatan yang asalnya dari negeri antah berantah. saya yakin, jangankan untuk memikirkan daerah yang tercinta ini, jasat ketika mati pun mereka kelak, kuburannya tidak di Subulussalam ini.
    Bapak Wali Yang Terhormat. Inilah kami, inilah masyarakatmu yang sesungguhnya yang terus setia wamah yaya wamah mati, di Subulussalam. ” PATI MALOT KITA ISE DENG..,MALA ODA BAGENDARI, NDIGAN DENG…

    umar said:
    May 22, 2009 at 9:09 am

    anak-anak subulussalam ada ga sih yang satu sekolah sm ak, yang suka chating, ak dulu pernah alumni di smp negri 1 subulussalam thn 1995,trus smu N 1simpang kiri, thn 1998. kalu ada tempelin donk tulisan alian di sini,,,
    kali kita bisa reuni lewat email.

    rahmad lubis said:
    May 23, 2009 at 3:34 am

    keren jg sih tmpat2 wisata di s,salam tp lebih keren tu danau yg ada di lentong tolong di orbit jg dong trus klo bs di bangun tu danau lentong jd tmpt wisata di aceh singkil oke….. bapak2 pejabat aceh singkil

    adievan said:
    June 1, 2009 at 5:15 am

    kepada pemerintah kota subulussalam tolong dong diperhatikan jl.PEMANCAR kec.penanggalan..kok ngk bagus sampai skrg, jalannya berdebu kalau ngk ujan 1 hari saja, kami yg tinggal di lorong jalan ini tiap hari harus makan debu akibat jalan yang belum diaspal.mgkin bukan hanya di jln pemancar aja di tempat lain juga gitu. thanks

    FAPDAMIN said:
    June 1, 2009 at 5:18 am

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Kami dari warga FAPDAMIN Kota Subulussalam mendukung tuh objek wisata kita yang keren and asri banget yang masih perlu dipoles jalan dan lokasinya biar lebih jreng kalo lagi suntuk berekreasi kesana.

    tuk masukan, urgen……………
    segera dong dibuat qanun wisatanya. jangan lupa gabung dengan MPU tuk buat qanunnya agar sesuai dengan ajaran agama kita (islam).

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
    Syukran katsira ……………………..
    by. FAPDAMIN

    Aimans said:
    June 12, 2009 at 6:22 pm

    Mampir ke P E C A L Bakal Buahnya ya….. ditunggu !!!!!

    umar said:
    June 18, 2009 at 4:38 am

    bang aimans, pecal bakal buah masih buka ya, ak dah lama gak pulang, gimana wajah des bakal buah sekarang bang.

    agus priwandi said:
    July 23, 2009 at 4:18 pm

    ass. wr wb hy sahabat atau pun yang baru kenal Qu lulusan smk negeri simpang kiri neh yaitu dikota kita ter cinta subulussalam qu mau buat acara REUNI neh yang angkatan 08( kosong delapan) tetapi aku banyak yang hilang neh nomor kalian kalau udah baca ini sms aku yah dan kasi tau siapa nama kmu maupun dari akuntansi, ses, mo maupun pj tolong yeah
    081360312163

    Rajali Lubis said:
    August 7, 2009 at 4:18 pm

    Rindu kampung…..

    Subulussalam adalah kota kecil, namun banyak kenangan yang telah ku alami baik suka maupun duka, aku dulu sekolah SD di SD NEGERI BELGEN, MTSN di jl. Malikul Saleh, dan SMK S (sejakaran SMKN) yang dulu masih pinjam bangunan di gedung pertemuan……

    Sekarang hampir sepuluh tahun ku tinggalkan kota kecilku yang penuh kenangan.. rindu keluarga, teman, dan lingkunagan sekitarnya….

    buat teman2 ku, yang masih ingat padaku…. gabung di facebook donk dan add aku di “rpijie@yahoo.com”

    mbue alasanku asa kutadingken kuta ku en… tedoh ate ku balik mi sapo…. tapi kunemo ku dokken…. oda bisa ku tadingken kekhja ku i pekanbaru….., ulang lupa add facebook ku sin dai….. kupema kabahkmu konco ku khatana…….

    angger said:
    August 11, 2009 at 3:04 pm

    hai smua warga pakpak aceh singkil……
    gimana perkembangan daerah kita…
    aku udah lama gak pulang…
    add aku ya di fb “tkd_l87m18@yahoo.co.id”..

    KESMASS said:
    August 13, 2009 at 10:07 pm

    salam kenal ni..dengan adanya website mengenai subulussalam begini kami sangat merasa bahagia. Karena dengan ini kami yang jauh di negeri orang bisa melihat berbagai info yang ada di kota Subulusslam.

    Oh ya salam kenal kami jangan lupa hubungi tempat curhat kami disini ya sahabat!! http://kesmass.blogspot.com/ http://www.malimsempurnaonline.blogspot.com/

    asdi kombih said:
    September 10, 2009 at 7:38 am

    salam kenal aja ne,,,

    hai aku anak subulussalam yang kini tengah menuntut ilmu di negeri orang.
    kabari aku ya tentang parekembangan kota subulussalam, khusus nya tentang pemerintahan yang kini mulai tak menentu arah tujuannya. thank’s ya…..
    jangan lupa ya…” kombiha@yahoo.co.id

    SHOLEH USTADZI said:
    November 13, 2009 at 1:19 pm

    Kepada para birokrat pemko subulussalam bekerjalah dengan hati dan niat yang tulus untuk menjadikan kota subulussalam,kota yang bersih dari segala tindak kriminal,dan jujur dalam pelaksanaan segala anggran yang telah ada, karna kami atas nama mahasiswa kota subulussalam akan terus memantau kinerja para pejabat yang terlibat.salam untuk warga kota subulussalam…..!berjuanglah………..!

    Dedirobiardi Sibuea said:
    November 25, 2009 at 9:01 am

    Salam Kenal…
    Hari minggu tgl 22 November 2009, Komunitas Muda Subulussalam (KMAS) melalui Sdr. Zulyadi sebagai koordinator memberikan komentar kepada serambinews yang isinya kira-kira “yang dimaksud dengan Putra Daerah Subulussalam adalah siapapun yang lahir dan dibesarkan didalam wilayah Subulussalam atau telah lebih dari lima puluhan tahun telah berdomisili di Subulussalam”. Menurut saya ini adalah pernyataan yang masih sangat mengambang artinya pertanyaan harus lebih detail lagi. Karena Kalau ini kita buat suatu tolak ukur defenisi Putra Daerah Subulussalam berarti buuaaannnyaaak orang Subulussalam bukan putra daerah Subulussalam. Untuk kita ketahui bersama KMAS di bentuk untuk menampung aspirasi putra daerah yang ikut ujian CPNS tahun 2009, yang kira-kira bertujuan agar Pemerintah Kota Subulussalam lebih mempriyoritaskan putra daerah. Bagaimana ini bisa terwujud sementara Defenisi dari Putra Daerah saja masih mengambang. Bagaimana menurut teman-teman sekalin?

    andongmaha SP said:
    December 12, 2009 at 1:22 pm

    hai…. sudara ku……. kenapa kita begitu diam dan cuek terhadap apa yang terjadi didepan mata kita……? padahal itu adalah tanggung jawab kita sebagai pemuda,pelajar dan mahasiswa… kok bisa masalah HGU yang ada dikota subulussalam itu kita hanya sebagai penonton….
    mari kita bersatu dan rapatkan barisan untuk membela hak orang tua kita,hak saudara kita dan hak sanak saudara famili kita….

    bhanu said:
    December 16, 2009 at 3:40 am

    Ass, mohon info pengumuman hasil cpnsny jangan di tunda tunda, biar masyarakat yang ikut ambil alih dalam ajang penerimaan cpns tersebut tidak terlalu lama menahan nafsu jadi pns.

    Fazri said:
    December 26, 2009 at 4:52 am

    Saya salut dengan terobosan-terobosan yang dilakukan Pak Walikota….misal pemindahan terminal…angkutan umum….salut…terus maju dan tetap semangat serta kembangkan terus kota tercinta ini

    dede habibillah said:
    February 20, 2010 at 5:22 am

    rinduku pada subulussalam bgai rindu taufik ismail pada sumba….

    mery said:
    February 22, 2010 at 4:06 am

    Saya MERIWATI.
    saya putri daerah sebullussalam….
    skarang saya sedag menimba ilmu di kota Medan
    dan ambil S1 Jurusan SOSPOL
    saya hanya ingin walikota sebullusalam memperhatikan tentang beasiswa utk putra putri daerah yg study diluar daerah
    agar lebih diperhatikan lg….

    alumni sdn 1 subulussalam said:
    March 25, 2010 at 5:32 pm

    Assalamualaikum Wr.Wb. Sayang sekali bila kita hanya berdebat dan mengkritisi tanpa memberikan solusi. Marilah kita membangun Kota Subulussalam dengan kemampuan yang kita miliki.
    Mari kita berikan kesempatan kepada Walikota untuk membenahinya. Bila nantinya memang beliau tidak mampu, rakyat kota dapat melakukan aksi-aksi untuk menurunkannya dari kursi walikota. Itupun kalau rakyat berani. Kalau tidak ya tunggu saja dia selesaikan tugasnya…
    oh ya kepada alumni sdn 1 subulussalam tahun 1979-1984 dan alumni smpn 1 subulussalam tahun 1983-1985 bagaimana kalau kita buat reuni?

    supriadi angkat said:
    October 25, 2010 at 4:36 pm

    OK LAH SAYA AKN MEMBERIKAN solusiiiiiiiiiiiiiiiii!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! skarang gni9 aja alumni sdn 1 s.salamn klaw kota subulussalam ingin brkmbang dengan cepat sebaik ya kita utama kan penduduk asli ya brkmbang juga!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! jgan hyya org aceh mnduduki kota subulussalam ini shyingga byak instansi di kota s.saLAM di pimpin orag aceh!!!!!!!! pnduduk asli pemko hnya mnonto krna ekhek lot kepeng na nai bakune nola mi????????????????? coba mo le pkikhrken kene,,,,,,,,,,,,,, mela menangko penduduk asli na kita mang ngo mela>>> jdi kmi mnghrapke mendahi ke klak pande bntu mo penduduk asli pemko asa ulang dak ui tindas kalk aceh si mekhjaya i kita cambo!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Mariani Bancin said:
    January 7, 2011 at 9:33 am

    Salam kenal buat warga Kota Subulussalam,,, dan salam kompak buat anak2 SMK Negeri 1 Simpang Kiri kususnya buat anak SMK Negeri 1 Simpang Kiri yang lulus Tahun 2003 ni aku Mariani Bancin, sahabat klen yang dulu….

    aku dah lama merantau ke Pakpak Bharat sekita 7 Taon gtu, mungking dah banyak ya perubahan di Kota kita Subulussalam,,mudah2an kota sebulussalam ini dapat lebih maju dan bermartabat, yang mempunyai pemimpin yang peduli buat orang-orang kecil….

    Buat guru2 SMK Negeri 1 Simpang Kiri selamat menjalankan tugas mulianya semoga bakti dan juang kalian menjadi durpa yang berbau harum buat bangsa dan negara yang kita cintai ini…buat Pak Drs. A.Kader salam rinduku buat bapak dan guru2 yang lain……

    4nd1m4nk said:
    January 26, 2011 at 2:15 pm

    subulussalam
    gooooooood luck
    jngn lpa ada yg lebih lebih dari kita
    bwt pemimpin masyarakt ttp mengawasi,,, jngn sampai kbablasan.
    woooooooke

    rizki said:
    February 16, 2011 at 7:01 am

    asslamualikum….
    …………………………
    slm smua kpd yg mmberi coment sya mrasa bnga dgn koment anda2 smua dan sya harap itu bukan bhsa2 cmburu anda yg anda buat di coment anda,,mari kta satukan tekat untuk meningkat kan mutu di segala bdang bagi kota subulussalam..!!

    rizki said:
    February 26, 2011 at 2:30 pm

    assalamualaikum wr wb..
    salam sejarah kepada kwan2 semua
    semoga selalu di lndungi Allah SWT amiiin..
    dan saya harap kepada pemko s.salam umumnya pejabat s.salam khususnya jika ada lowongan kerja yang buka di s.salam tolonglah di publikasikan kepada publik supaya masyarakat tau jgn diam2 dan masuk org2 tertentu klo seperti itu pasti banyak masyarakat yg kecewa transparanlah klo bsa biar tdk terjadi kesenjangan bagi2 org yg tidak dekat dengan pejabat..
    wassalam..

    halimi manik said:
    September 23, 2011 at 3:35 am

    kpda kepala dinas pendidikan kota subulssalam, mohon informasi yang lengkap mengenai beasisiwa pendidikan subulussalam untuk periode 2011/2012, apa-apa saja syaratnya…soalnya ada kabar bahwa dana itu digelapjkan oleh pihak pengelola,,,dari mahasiswa Medan

    nawir said:
    December 15, 2011 at 6:27 am

    Semoga dapat dilestarikan keindahan alaminya,, “Saya menghimbau semuanya,yg memilike niat baik untx melangsungkan pembangunan di Subulussalam ini agar dapat membrikan sumbangsih bantuannya, trutama bantuan supot nya. Karna mash bnyaknya yg tidak trperhatikan dgn ksbukan kita. Sayangkan jika tdak dikembangkan. Itu adalah titipan Allah Swt juga untx org yg berpikir. Thanks. Udm.”

    ainuddin said:
    February 3, 2012 at 10:17 am

    kapanlah maju nya wisata subulussalam nie….
    padahal tu sgt potensi jadi wisata yg ramai dan bisa di andalkan kota subulussalam,
    tp sayang perhatian dri pihak pemerinyah masih kurang,
    aq ja pas ngajak kawan2 yg dari kota medan pada takjub ngeliat nya,,,,,soal nya tu gx da di medan,tp sayang ya,,,,,,,,
    irigasi bahorok is so sweet,,,,,

    hasan asri said:
    May 10, 2012 at 5:31 pm

    mari menikmati berarung jeram di lae kombih…base camp desa sikelang kec.penanggalan kontak info hasan asri 085297582439

    RM Itu Yasir said:
    July 12, 2012 at 2:44 am

    wajar saja pariwisata kota subulussalam sampai sekarang belum ditangani secara serius dikarenakan PAD subulussalam bukanlah hasil dari pariwisata melainkan dari perkebunan DLLN..
    walaupun demikian kita hanya bs berharap kepada instansi yg terkait agar lebih serius untuk mengelola pariwisata yang ada agar hasilnya dapat mengalir kepemerintah kota subulussalam…

    Ah. Adamy said:
    September 14, 2012 at 2:14 am

    Maaf pada Semua…. jika saudara ingin berbagi sesuatu, kritikan atau saran yang berguna bagi umum, menggunakan bahasa umum akan lebih baik… supaya rakan rakan kita yang ada baik di dalam atau di luar bisa mengerti dan merespon nya… terimakasih..

    Sri Risky Ramadani said:
    March 31, 2013 at 6:56 am

    Sakinah ..
    Subulussalam itu Unik ^_^
    Mulai dari jenis Bahasa yang Membludak, Makanan yang sedikit aneh namun sangat Khas ….
    Apa lagi kesolidaritasan Semua Warga nyaa!!
    Bangga jadi orang Subulussalam …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s